Mother&Baby Indonesia
Bayi ini Pakai Kursi Roda Buatan Sendiri

Bayi ini Pakai Kursi Roda Buatan Sendiri





Saat bayi pada umumnya belajar merangkak, Evelyn Moore, 13 bulan, atau Eva, meluncur dengan kursi roda unik yang dibuat oleh orangtuanya. Bayi cantik ini lumpuh akibat kanker yang ia derita.

 

Pada pemeriksaan rutin saat Eva berusia 4 bulan, dokter memvonis Eva menderita tumor neuroblastoma stadium 4 yang tidak bisa dioperasi. Eva lalu menjalani 8 kali kemoterapi untuk mengalahkan penyakit tersebut. Sayangnya, walaupun kanker tersebut mulai menghilang, badan Eva bagian bawah menjadi lumpuh secara permanen.



 

Karena lumpuh, Eva tidak bisa belajar merangkak. Sebagai gantinya, ia akan belajar menyeret tubuhnya dengan lengan seperti merambat. Setelah berusia 2 tahun, Eva baru boleh belajar memakai kursi roda.

 

“Saya tidak puas dengan jawaban itu,” ujar Kim Moore, ibu Eva, seperti dikutip dari thestar.com. Ia lalu mencari cara agar Eva bisa bergerak bebas tanpa bantuan orang lain dan menemukan jawabannya di Pinterest. Setelah itu, Kim meminta suaminya untuk membuat kursi roda tersebut.

 



Hasilnya mengejutkan. Layaknya bayi belajar merangkak, Eva belajar memakai kursi roda yang dibuat dari Bumbo baby chair, talenan, dan roda itu. “Awalnya ia hanya bisa mundur, lalu maju, dan sekarang ia sudah bisa belok. Saat ini kami punya polisi tidur di rumah, karena ia meluncur sangat cepat,” jelas Kim. Eva mulai belajar menggunakan kursi rodanya di usia 7 bulan.

 

Doktor Bev Wilson, dokter anak bidang onkologi, mengaku terkejut saat melihat Eva menggunakan kursi roda. Ia tidak pernah melihat anak sekecil itu di kursi roda. “Biasanya, ia terikat di stroller atau bangku. Tapi, kursi roda ini membuatnya bisa mengeksplorasi lingkungan sekitar,” ujar Doktor Bev.

 

Ia pun menyarankan para orangtua yang memiliki bayi yang lumpuh untuk menggunakan kursi roda buatan sendiri seperti milik Eva. (Nadia/TW/Dok. Thestar.com)



Tags: bayi,   lumpuh,   cacat,   kanker,   kursi_roda,   neuroblastoma