Mother&Baby Indonesia
6 Kondisi Feses Bayi dan Hubungannya dengan Kesehatan

6 Kondisi Feses Bayi dan Hubungannya dengan Kesehatan

Feses bayi ternyata dapat menjadi acuan bagi Anda untuk mengetahui kondisi kesehatannya. Hal itu tidak hanya bisa diketahui melalui frekuensi buang air besar (BAB) saja, tetapi juga dari warna dan kondisi fesesnya, seperti berikut ini.

 

1. Kuning



Jika kondisi feses Si Bayi berwarna kuning dengan tekstur agak kental, itu berarti ia berada dalam kondisi normal.

 

2. Hijau

Feses berwarna hijau juga normal bagi bayi. Namun, jika BAB-nya terlalu sering dan berwarna hijau kecoklatan, Anda harus waspada! Ini adalah salah satu tanda ia mengalami diare. Bila bayi berusia di atas 6 bulan, berikan ia air putih lebih sering, agar tidak kekurangan cairan dan segera bawa ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.

 

3. Pucat

Feses berwarna pucat dan bertekstur seperti lemak menandakan adanya gangguan pada hati atau bisa juga karena usus Si Bayi gagal melakukan penyerapan. Segera hubungi dokter agar ia mendapatkan tindakan yang tepat.

 

4. Ada Sisa Makanan



Ketika Si Bayi memasuki masa MPASI, perhatikan juga kondisi fesesnya ya, Moms! Ia mungkin akan kesulitan atau malah terlalu lancar buang air besar. Jika di dalam fesesnya terdapat beberapa sisa makanan yang pernah ia konsumsi, ini sangat normal.

 

Kemampuan Si Kecil dalam mengonsumsi makanannya masih terbatas dan ususnya belum bisa mencerna dengan baik. Itulah mengapa, masih terdapat sisa-sisa makanan pada fesesnya. Hubungi dokter bila keadaan ini berlangsung selama beberapa hari untuk memastikan ususnya dapat menyerap nutrisi dengan baik.

 

5. Berlendir

Feses berwarna hijau mengilap dan berlendir merupakan salah satu tanda Si Kecil terkena infeksi atau alergi. Segera hubungi dokter untuk penanganan lebih lanjut!

 

6. Merah

Feses berwarna merah darah sering kali muncul saat Si Kecil buang air besar. Namun, segera hubungi dokter bila:

- Feses tampak normal (kekuningan), namun ada sedikit warna merah. Bisa jadi ia mengalami alergi protein susu.
- Si Kecil mengalami sembelit disertai darah yang kemungkinan akibat wasir atau infeksi pada anus.
- Sering buang air besar disertai feses berdarah karena terjadi infeksi bakteri. (Seva/DC/Dok. M&B UK)



Tags: bayi,   baby,   kesehatan










Cover April 2020