Mother&Baby Indonesia
Berbicara dengan Bayi dapat Meningkatkan Kecerdasan

Berbicara dengan Bayi dapat Meningkatkan Kecerdasan

Rutinitas membacakan cerita sebelum tidur, ternyata dapat memicu kecerdasan Si Kecil lho, Moms! Tidak hanya membacakan cerita, tapi mengajaknya berbicara juga dapat menciptakan bonding antara Anda dan Si Kecil.

 

Dilansir melalui guardian.com, Prof. Anne Fernald, ahli psikolog di Stanford University memaparkan beberapa manfaat mengajak Si Kecil berbicara. Menurutnya, hal itu dapat membantu anak memahami aturan dan irama sejak dini, serta memberi Si Kecil pemahaman tentang lingkungan sekitar.



 

“Anda harus mulai mengajaknya berbicara. Dengan mengajaknya berbicara, Anda sudah membangun sebuah pemikiran sehingga Si Kecil dapat membedakan masa lalu dan masa depan,” ujar Anne Fernald.

 



Si Kecil akan mengembangkan percakapan ketika orangtua memulai sebuah percakapan dengan orang lain. Bahkan Prof. Anne Fernald yakin, bahwa potensi Si Kecil di bidang tertentu akan berkembang bila orangtua mulai mengajaknya berbicara. Sebagai orangtua, mengajak berbicara tidak hanya saat membacakan cerita, tapi saat mereka makan, mandi, hingga saat mengganti pakaiannya.

 

Prof. Erika Hoff seorang ahli psikolog dari Florida Atlantic University mengatakan, orangtua jangan membatasi komunikasi dengan Si Kecil. Gunakanlah bahasa yang terstruktur dan kompleks, tambahkan juga kata sifat dan anak kalimat. Hal itu dapat memperkaya kosakata Si Kecil lho, Moms! (Seva/TW/Dok. M&B)



Tags: kecerdasan,   bayi,   berbicara,   kosakata










Cover April 2020