Mother&Baby Indonesia
Obesitas Saat Hamil, Anak pun Rentan Obesitas

Obesitas Saat Hamil, Anak pun Rentan Obesitas

Moms, Anda pasti sudah tahu kalau obesitas dapat meningkatkan risiko terkena berbagai penyakit. Tapi tahukah Anda, kalau wanita obesitas cenderung melahirkan anak yang obesitas juga? Menurut para ahli, anak yang lahir dari wanita obesitas memiliki risiko lebih tinggi mengalami obesitas juga. Sayangnya, para peneliti belum mengetahui apa yang menyebabkan hal itu terjadi.

 



Dilansir dari sciencedaily.com, Joslin Diabetes Center membuat sebuah penelitian terbaru untuk menguak penyebab terjadinya obesitas yang menurun pada Si Kecil. Menurut mereka, anak yang lahir dari ibu obesitas atau overweight memiliki tali pusat yang lebih lemah untuk mengatur energi dan metabolisme.

 

“Bertambahnya risiko obesitas juga disebabkan oleh meningkatnya beberapa jenis lipid (lemak dan lainnya yang tidak larut di air) dalam darah ibu hamil, dan kemudian masuk ke tali pusat,” ujar Elvira Isganaitis, M.D., M.P.H., Assistant Investigator dan Staff Pediatric Endocrinologist di Joslin Diabetes Center.



 

Moms mungkin penasaran, bagaimana penelitian ini dilakukan? Peneliti memulainya dengan mengumpulkan tali pusat dari wanita Brazil yang sehat dan bebas diabetes. Kemudian mereka merekrut 24 wanita overweight dan obesitas (dengan indeks massa tubuh sebelum hamil 25) dan 13 wanita yang tidak overweight dan obesitas.

 

Kemudian para peneliti meneliti pembuluh darah di tali pusat yang membawa oksigen dan nutrien lainnya, dari plasenta untuk embrio. “Contoh-contoh ini memberi gambaran tentang nutrien dan metabolisme yang masuk dari ibu untuk anaknya. Setelah lahir, sudah bisa dideteksi gangguan metabolisme akibat obesitas saat hamil,” ujar Elvira. (Tiffany/OCH/Dok. M&B UK)



Tags: obesitas,   kesehatan,   diabetes,   kehamilan










Cover Mei-Juni-Juli 2020