Mother&Baby Indonesia
Morning Sickness Hebat Pertanda Bayi Perempuan?

Morning Sickness Hebat Pertanda Bayi Perempuan?

Apakah benar ibu yang mengalami morning sickness hebat artinya akan memiliki bayi perempuan? Belum ada jawaban pasti yang mendukung pertanyaan tersebut. Tetapi, sebuah riset menyebutkan bahwa Moms yang mengalami hyperemesis gravidarum (mual dan muntah berlebih) di trimester awal, lebih mungkin melahirkan bayi perempuan.

 

Fakta lainnya, hormon yang dihasilkan oleh janin perempuan memang membuat Moms lebih merasa mual di awal kehamilan. Sebuah penelitian di Swedia mempelajari 1 juta wanita yang mengalami hyperemesis gravidarium, hasilnya, 55 persen dari mereka melahirkan bayi perempuan. Studi ini dilakukan saat calon ibu dirawat di rumah sakit karena mual berlebih.



 

Tapi fakta tersebut tentu saja tidak selalu terjadi. Lihat saja Kate Middleton yang mengalami hyperemesis gravidarum pada kedua kehamilannya, namun ia melahirkan seorang putra dan seorang putri.



 

Moms tidak mau menebak-nebak jenis kelamin Si Kecil? Moms bisa memastikannya dengan pemeriksaan USG saat usia kehamilan mulai memasuki minggu ke-16. Moms juga bisa melakukan amniocentesis (prosedur prenatal tingkat lanjut) untuk dapat yakin 100 persen pada jenis kelaminnya. (Yatin/TW/Dok. M&B UK)



Tags: kesehatan,   kehamilan,   hyperemesis,   jenis_kelamin,  








Cover Maret 2020