Mother&Baby Indonesia
Hati-Hati Konsumsi Parasetamol saat Hamil

Hati-Hati Konsumsi Parasetamol saat Hamil

Hati-hati mengonsumsi obat pereda rasa sakit jenis parasetamol selama hamil, Moms! Hasil penelitian yang dipublikasikan dalam The Journal of Epidemiology pada Juli lalu, mengungkapkan bahwa ibu hamil yang mengonsumsi  parasetamol dapat meningkatkan risiko anak laki-lakinya mengalami autisme. Parasetamol juga dapat meningkatkan risiko terkena gejala hiperaktif (ADHD) bagi anak laki-laki dan perempuan.


Penelitian ini melibatkan 2.644 ibu dan anak yang diamati sejak awal kehamilan hingga anak lahir. Data konsumsi parasetamol yang diamati selama kehamilan meliputi kategori tidak mengonsumsi, mengonsumsi secara sporadis (kadang-kadang), dan mengonsumsi secara intensif. Peneliti kemudian mengevaluasi kondisi kesehatan anak-anak mereka setelah berusia 1 tahun dan melakukan pengamatan kembali ketika anak-anak berusia 5 tahun.


Hasilnya, kelompok anak yang ibunya mengonsumsi parasetamol secara intensif menunjukkan risiko lebih tinggi terhadap kejadian hiperaktif atau gejala impulsif. Anak anak tersebut menunjukkan performa yang lebih buruk berdasarkan hasil pengujian yang terkait dengan keinginan, impulsifitas, dan kecepatan memproses informasi.



 



Anehnya, risiko tersebut menjadi lebih besar pada anak laki-laki. Diperkirakan penyebabnya karena otak anak laki-laki lebih sensitif atau rentan terhadap zat-zat dari luar selama masa perkembangan otak. Jadi, pikir 2 kali sebelum mengonsumsi parasetamol saat hamil ya, Moms. (Meiskhe/DC/Dok. FreedigitalPhotos)



Tags: hamil,   bumil,   parasetamol,   studi,   penelitian,   riset,