Mother&Baby Indonesia
Tips Hindari Pegal saat Gendong dan Urus Si Kecil

Tips Hindari Pegal saat Gendong dan Urus Si Kecil


1. Menggendong

 

  • Usahakan badan tegak lurus.
  • Berdirilah dengan kaki terbuka selebar bahu.
  • Dekap Si Kecil cukup tinggi dan tempatkan ia di tengah badan Anda.
  • Usahakan berat Si Kecil disanggah lebih banyak di bagian tangan dan bukan bertumpu di punggung.
  • Jika menggunakan baby carrier, pastikan berat bayi terbagi rata di seluruh tubuh Anda dan bertumpu pada 1 titik di punggung.

 



2. Mengganti Popok

 

  • Gunakan baby tuffel atau meja agar Anda tidak perlu membungkuk. Pilih meja dengan ketinggian tepat, sehingga Anda nyaman dan postur tubuh terjaga.
  • Jika tidak ada meja, lakukan di lantai dengan posisi Si Kecil di samping Anda.
  • Anda juga bisa berlutut, namun tetap jaga badan tegak lurus dengan bahu rileks.
  • Pastikan perlengkapan Si Kecil ada dalam jangkauan, sehingga Anda tidak perlu melakukan gerakan menggapai atau memutar pinggang dan meninggalkan Si Kecil di atas meja.


3. Menyuapi 

 

  • Saat menyuapi Si Kecil, pastikan Anda duduk di kursi yang sejajar dengan high chair-nya.
  • Usahakan agar punggung tetap tegak dan bahu rileks.

 

Ingin mengetahui cara melakukan gerakan lainnya? Baca di Majalah Mother & Baby Indonesia edisi Agustus 2016!

 



Dalam 1 hari, Moms harus menggendong, mengganti popok, memandikan, dan menyusui Si Kecil berkali-kali. Kegiatan-kegiatan 'biasa' ini pun membuat tubuh Anda menjadi pegal dan sakit. Beberapa masalah tersebut biasanya timbul karena Anda salah melakukan gerakan. M&B akan memberikan tips untuk melakukan gerakan yang tepat saat mengurus Si Kecil! (Seva/DC/Dok. M&B)



Tags: olahraga,   kesehatan,   orangtua,   parenting