Mother&Baby Indonesia
Mengenal 4 Jenis Kontrasepsi Hormonal

Mengenal 4 Jenis Kontrasepsi Hormonal

Kehamilan tentu menjadi hal yang membahagiakan, jika datang di waktu yang tepat. Sebelum Si Kecil lahir, Anda dan suami pasti butuh perencanaan yang matang untuk mempersiapkan mental, waktu, dan materi. Oleh karena itu, Anda membutuhkan alat kontrasepsi yang tepat.

 

Saat ini ada banyak pilihan alat kontrasepsi, salah satunya adalah alat kontrasepsi hormonal. Kontrasepsi jenis ini banyak dipilih karena efektif mencegah kehamilan dengan tingkat kegagalan kurang dari 2 persen. Berikut beberapa tipe kontrasepsi hormonal yang dapat Anda gunakan.

 

1. Kontrasepsi Oral

Anda cukup mengonsumsinya dalam bentuk pil yang mengandung hormon progesteron dan pil kombinasi

 

2. Injeksi

Untuk injeksi, Anda dapat memilih untuk mendapat suntikan hormon progesteron setiap 3 bulan sekali atau suntikan kombinasi antara hormon progesteron dan estrogen setiap bulan.

 

3. Susuk atau Implan

Alat kontrasepsi ini berbentuk strip yang ditanam di bawah kulit dan mengandung hormon progesteron.

 

4. Spiral

Alat ini sama dengan kontrasepsi spiral atau IUD yang berlapis tembaga, tetapi spiral ini dilapisi oleh hormon progesteron.

 

Sebelum memutuskan alat kontrasepsi yang akan Moms gunakan, ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan. Lalu apa benar bahwa kontrasepsi hormonal membuat tubuh menjadi gemuk? Ingin tahu lebih lanjut tentang hal tersebut? Baca Majalah Mother&Baby Indonesia edisi Agustus 2016. (Nadia/TW/Dok. M&B UK)



Tags: kontrasepsi,   hormon,   spiral,   implan,   pil_kb










Cover Mei-Juni-Juli 2020