Mother&Baby Indonesia
10 Tanda Anda sedang Hamil Muda

10 Tanda Anda sedang Hamil Muda

Jika Anda sangat menantikan kehadiran seorang anak, menunggu telat haid selama 2-3 bulan untuk mengetahui hamil atau tidak, rasanya terlalu lama. Apalagi, Anda juga belum bisa pergi ke dokter bila baru telat haid 3 atau 4 hari.

 

Cara sederhana yang bisa dilakukan adalah mengetes dengan test pack. Namun, Anda ternyata juga bisa mengetahui sedang hamil atau tidak melalui perubahan pada tubuh. Berikut beberapa tanda kalau Anda sedang hamil muda.



 

1. Kelelahan

Jika Anda tiba-tiba sering merasa lelah atau mengantuk padahal baru saja tidur, Anda mungkin sedang hamil. Kelelahan adalah salah satu tanda awal kehamilan. Dalam 2 minggu pertama pembuahan, janin akan menggunakan hampir seluruh kalori yang ada dalam tubuh, sehingga energi Anda cepat habis.

 

2. Perubahan Nafsu Makan

Mengingat energi Anda terkuras, Anda akan lebih cepat merasa lapar. Anda memang belum merasakan ngidam makanan tertentu, tetapi sering 'kelaparan' karena energi Anda banyak diserap janin. Namun pada beberapa kasus, Anda justru akan kehilangan nafsu makan. Hal ini terjadi karena meningkatnya kadar hormon beta-hCG.

 

3. Penciuman Lebih Sensitif

Meningkatnya kadar hormon membuat indra penciuman Anda lebih sensitif. Anda mungkin merasa mual jika mencium asap rokok atau bau suami.

 

4. Sering Buang Air Kecil

Pada awal kehamilan, rahim Anda akan membesar dan mendorong kandung kemih. Hal ini membuat Anda lebih sering buang air kecil.

 

5. Sakit Punggung

Jika Anda tidak pernah mengalami pegal di punggung dan tiba-tiba merasakannya, Anda bisa jadi sedang hamil. Saat hamil, ligamen akan melebar untuk mempersiapkan 'tempat' bagi janin. Sayangnya, rasa sakit ini dapat berlangsung selama masa kehamilan.



 

6. Mood Swing

Anda tiba-tiba merasa jengkel kepada suami, padahal ia hanya duduk menonton televisi atau Anda menangis tanpa alasan yang jelas. Saat hamil, hormon hCG meningkat dan membuat Anda mudah lelah. Hal ini memicu perubahan mood secara drastis.

 

7. Sakit Kepala

Peningkatan hormon juga akan mengakibatkan sakit kepala ringan saat hamil. Namun, hal ini akan menghilang setelah beberapa minggu, karena tubuh memberikan reaksi untuk menyeimbangkan peningkatan hormon tersebut. Jika ingin mengonsumsi obat, pilihlah yang mengandung acetaminophen dan hindari ibuprofen, karena lebih aman.

 

8. Konstipasi dan Kembung

Hormon progesteron akan meningkat saat hamil dan hal ini memperlambat sistem pencernaan. Itulah mengapa skinny jeans Anda tiba-tiba tidak muat lagi dan perut terasa sedikit lebih besar. Sistem pencernaan yang melambat juga membuat Anda mengalami konstipasi.

 

9. Nyeri Payudara

Payudara Anda akan membesar dan terasa lebih berat dari sebelumnya. Anda juga akan merasa sedikit nyeri karena jaringan-jaringan di payudara memang lebih sensitif terhadap perubahan hormon. Pada beberapa kasus, daerah areola akan menjadi lebih gelap.

 

10. Kram

Layaknya sebelum mendapat haid, Anda juga akan merasakan kram pada awal kehamilan, karena rahim meregang untuk mempersiapkan kehadiran janin. (Nadia/DC/Dok. M&B UK)



Tags: kehamilan,   info_hamil,   ibu_hamil








Related Article