Mother&Baby Indonesia
4 Tips Meredakan Batuk dan Pilek pada Anak

4 Tips Meredakan Batuk dan Pilek pada Anak

Musim yang tidak menentu, terkadang dapat membuat Si Kecil terserang batuk dan pilek. Penyakit tersebut tentunya sangat mengganggu Si Kecil ya, Moms. Ia jadi tidak nyenyak tidur, gelisah, nafsu makan berkurang, dan mudah terbangun saat malam.

 

Batuk dan pilek atau flu ini menyerang infeksi sistem pernapasan (hidung, tenggorokan, dan paru-paru). Tidak cuma itu, biasanya flu juga sering disertai demam. Kalau sudah begini, apa Moms suka memberikan obat batuk dan pilek untuk Si Kecil? Jika ya, sebaiknya jangan, Moms.



 

Seperti yang dikatakan oleh American Academy of Pediatrics, obat batuk dan pilek tidak efektif bagi anak di bawah 6 tahun. Obat-obatan itu juga memberikan efek samping yang tidak baik untuk Si Kecil. Jadi kalau Si Kecil terserang batuk dan pilek, sebaiknya Moms lakukan 4 tips efektif ini:


1. Uap Kayu Putih

Siapkan baskom berisi air panas dan beri 7-10 tetes minyak kayu putih. Lalu, taruh di kamar agar Si Kecil dapat menghirup uap panasnya, ini berguna untuk meredakan hidungnya yang tersumbat.

 

Baca juga: Beda Batuk karena Infeksi dan Batuk Alergi


2. Berjemur

Di pagi hari, ajak Si Kecil berjemur sekitar pukul 7 - 9. bila perlu tepuk punggung, dada, dan bagian bawah ketiak kanan dan kiri untuk meredakan lendirnya.

 

3. Beri Cairan yang Banyak

Bila bayi Anda di bawah 6 bulan, berikan ASI yang cukup agar Si Kecil tidak dehidrasi. Namun, bila bayi Anda berusia di atas 6 bulan, berilah minuman air hangat sedikit demi sedikit namun sering. Cara ini membantu Si Kecil untuk mengeluarkan lendir yang mengganggunya.




Baca juga: 4 Cara Ampuh untuk Mencegah Anak Terkena Flu


4. Pakaian

Gunakan pakaian yang nyaman untuk Si Kecil. Sebaiknya, hindari pakaian yang membuat Si Kecil kepanasan ya, Moms.

 

Jika 4 tips itu tidak membuat Si Kecil membaik, maka mungkin Anda perlu berkonsultasi dengan dokter anak.


Segera ke dokter jika Si Kecil menunjukkan beberapa tanda berikut ini:


1. Batuk dan pilek berkepanjangan selama 7 hari.
2. Demam mencapai 38° C untuk bayi bawah 3 bulan dan 38,5° C untuk bayi diatas 6 bulan.
3. Batuk semakin parah disertai dengan nafas yang berbunyi dan sesak. (Seva/TW/Dok. M&B)
 



Tags: health,   kesehatan,   aak,   batuk,   pilek










Cover Mei-Juni-Juli 2020