Mother&Baby Indonesia
8 Jurus Jitu agar Anak Suka Sayur

8 Jurus Jitu agar Anak Suka Sayur

Moms pasti setuju kalau buah dan sayuran sangat penting bagi pertumbuhan Si Kecil. Namun sayangnya, Si Kecil sering tidak mau mengonsumsi buah, terlebih sayuran. Padahal buah dan sayuran kaya akan serat yang dibutuhkan tubuh. Menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), serat makanan penting untuk menjaga fungsi normal usus dan mungkin berperan dalam mencegah penyakit kronik seperti kanker, jantung koroner, dan diabetes mellitus tipe 2.

 

Anehnya, walau kita semua tahu pentingnya sayur dan buah bagi tubuh, tetapi tetap saja sulit rasanya untuk memenuhi kebutuhan harian tubuh Si Kecil akan buah dan sayur. Faktanya, menurut hasil Riskesdas 2013, lebih dari 90 persen rakyat Indonesia kekurangan buah dan sayuran.



 

Anak Anda tidak mau makan sayur dan buah? Yuk, ikuti 5 tips mudah untuk mengatasinya:
1. Ajak anak dalam memilih dan membeli sayuran yang dia sukai. Dengan cara ini Moms bisa mengenalkan anak dengan jenis sayuran dan juga dapat merangsang keingintahuan anak untuk mencoba mengkonsumsinya.


2. Sajikan sayuran dalam porsi kecil atau dalam jumlah sedikit demi sedikit. Tujuannya adalah agar anak dapat mengenal warna, tekstur, dan aromanya terlebih dahulu. Kalau sudah kenal, pasti lama-lama anak mau mencobanya. Karena tak kenal maka tak sayang, kan?


3. Kombinasikan dengan nasi atau lauk pauk. Jika semangkuk sayur bayam bertabur jagung tidak membuatnya tertarik, maka Moms mungkin bisa mencampurnya dengan nasi atau lauk pauk agar rasa sayur tidak langsung mendominasi.


4. Sajikan sayuran dalam berbagai bentuk yang menarik agar anak mau mencobanya. Misalnya, bentuk sayuran menjadi garnish menyerupai bunga yang cantik. Tampilan yang menarik tentu lebih menggoda Si Kecil untuk menggodanya.




5.Sajikan sayuran yang enak dan renyah. Alasan utama anak tidak mau makan sayur adalah karena sayur tidak memiliki rasa, jika sayuran diolah biasa-biasa saja maka anak tetap tidak akan mau. Tetapi jika sayuran diolah dengan rasa yang enak dan nikmat, anak pasti suka.


6. Anak melihat, anak mencoba. Untuk membuat anak mau melahap sayur, orangtua juga harus suka makan sayur. Berilah contoh yang baik agar Si Kecil menirunya.


7. Sajikan dengan makanan kesukaannya. Salah satu cara terbaik dalam mengatasi anak tidak mau makan sayur, adalah dengan mencampur sayuran tersebut kedalam makanan kesukaannya.

 

8. Penolakan itu wajar. Jika semua cara di atas sudah dicoba dan Si Kecil masih menolak juga, jangan putus asa. Menurut IDAI, jika ingin memberikan makanan baru, jangan langsung menyerah jika anak menolaknya. Paparkan makanan baru tadi pada anak sebanyak 10-15 kali. (Rita/TW/Dok. Freedigitalphotos)



Tags: makan,   sayur,   toddler,   picky_eater,  








Cover Maret 2020