Mother&Baby Indonesia
5 Tips Penting agar Sukses Menyapih Si Kecil

5 Tips Penting agar Sukses Menyapih Si Kecil

Jika Anda menyusui Si Kecil selama 2 tahun, Anda mungkin akan mengalami kesulitan saat menyapihnya. Dan itu wajar, Moms! Layaknya menyusui, menyapih juga membutuhkan proses dan waktu cukup panjang. Tetapi, jika Anda menggunakan strategi yang tepat, proses menyapih akan terjadi secara menyenangkan. Berikut beberapa tips penting untuk mempermudah proses menyapih Si Kecil.

 



1. Pelan-pelan

Cobalah menyapihnya secara perlahan. Kurangi frekuensi menyusu Si Kecil secara bertahap, misalnya dari 5 menjadi 4 kali per hari dan seterusnya. Hal ini juga akan memberikan waktu bagi tubuh Anda untuk beradaptasi dan menghindari mastitis.

 

2. Alihkan Perhatian



Tawarkan beberapa hal kepada Si Kecil, seperti buku, selimut, atau mainan untuk menggantikan proses menyusu. Berikan ia banyak pelukan, agar tetap mendapatkan kehangatan dan merasakan kedekatan dengan Anda.

 

3. Ubah Rutinitas

Jika Anda terbiasa menyusui Si Kecil saat terbangun di malam hari, cobalah untuk meminta suami yang menenangkannya saat hal itu terjadi.

 

4. Jangan Tawarkan, Jangan Tolak

Jika Si Kecil ingin menyusu, Anda tentu akan kesulitan mengalihkan perhatiannya. Oleh karena itu, pastikan ia cukup makan dan minum, sehingga kehilangan selera untuk menyusu. Selain itu, Anda dapat menggunakan strategi untuk tidak menawarkan ASI, tetapi juga tidak menolak jika ia ingin menyusu.

 

5. Sabar

Proses menyapih umumnya berlangsung selama 2–3 minggu, jika Si Kecil termasuk anak yang mudah beradaptasi. Tetapi, prosesnya juga bisa memakan waktu yang lebih lama. “Hal yang terpenting adalah pastikan Anda melakukan proses menyapih yang sehat dan menenangkan, baik bagi Anda maupun Si Kecil,” ujar Diana West, konsultan laktasi bersertifikat internasional, seperti dikutip dari foxnews.com. (Nadia/DC/Dok. M&B UK)



Tags: menyusui,   asi,   bayi,   info,   menyapih,   tips_menyapih