Mother&Baby Indonesia
3 Posisi Tidur Bayi sesuai Usianya

3 Posisi Tidur Bayi sesuai Usianya

Tidak cuma kuantitas, tapi tidur bayi juga harus berkualitas. Seperti yang Moms ketahui, bayi 0-3 bulan biasa tidur selama 16-20 jam per hari. Dengan kata lain, 70-80 persen kehidupan newborn dihabiskan untuk tidur. Oleh karena itu, alangkah baiknya kalau Moms bisa menjaga tidur Si Kecil lebih berkualitas.

 

Posisi tidur adalah salah satu hal yang menentukan kualitas tidur Si Kecil. Seperti dilansir dari hamil.co.id, setiap posisi tidur anak memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Sebaiknya Moms menyesuaikan posisi tidur dengan usia Si Kecil, karena tentu saja kematangan organ anak berbeda-beda, tergantung usianya. Hal itulah yang membuat posisi tidur anak selalu berganti mengikuti pertambahan usianya.



 

Berikut tahapan posisi tidur Si Kecil sesuai dengan usianya:


1. Posisi telentang (0-3 bulan)

Sampai usia bayi Anda 3 bulan, ia memang belum bisa banyak berinteraksi. Perkembangan motorik kasar dan halusnya juga belum sempurna. Itulah sebabnya posisi tidur bayi usia 0-3 bulan hanya telentang saja.


Walau telentang adalah posisi tidur paling nyaman untuk bayi di usia ini, namun posisi ini mudah membuatnya terbangun. Sedangkan kelebihannya adalah Si Kecil lebih aman dari risiko SIDS atau suddent infant death syndrome dan sleep apnea (berhenti napas saat tidur).

 



2. Posisi tengkurap (3 bulan+)

Tidur model lain seperti tengkurap juga menjadi favorit beberapa bayi, umumnya yang sudah berusia 3 bulan lebih. Di usia tersebut bayi sudah mampu membolak-balikkan badannya sendiri serta sudah kuat mengangkat kepalanya.    

                                                   

Sayangnya, posisi ini meningkatkan risiko SIDS, terutama untuk bayi di bawah 12 bulan karena jantungnya masih lemah. Walau begitu, posisi tengkurap membuat bayi tidur lebih lama karena mereka merasa lebih nyaman dan nyenyak. Selain itu, bayi yang suka tidur tengkurap biasanya memiliki bentuk kepala lebih bagus, lho!

 

3. Posisi miring samping (3 bulan+)

Biasanya Si Kecil akan tidur dalam posisi ini kalau sedang menyusu. Posisi ini baik untuk mempermudah proses pengosongan lambung. Namun jangan lupa untuk rutin mengganti posisi miring kanan dan kiri agar kepala Si Kecil tidak peang ya, Moms! (Rita/TW/Dok. M&B)



Tags: bayi,   tidur,   posisi_tidur










Cover April 2020