Mother&Baby Indonesia
Lakukan Ini Jika Anda Merasa Suplai ASI Tidak Cukup!

Lakukan Ini Jika Anda Merasa Suplai ASI Tidak Cukup!

Salah satu kekhawatiran ibu baru adalah suplai ASI yang sepertinya tidak cukup dan membuat Si Kecil terus menangis. Namun, jangan buru-buru memberinya formula ya, Moms!

 

“Kekhawatiran akan produksi ASI yang tidak cukup sangat umum dialami ibu baru. Namun percayalah, payudara Anda, terlepas dari ukurannya, akan selalu memproduksi ASI selama Anda tetap menyusui,” jelas Sioned Hilton, ahli laktasi.



 

Perlu diingat pula bahwa lambung Si Kecil masih berukuran sangat kecil, sehingga ia tidak membutuhkan ASI yang banyak untuk bisa kenyang. “Jika beratnya naik, sering ganti popok, dan warna kotorannya kekuningan, berarti ia mendapatkan ASI yang cukup,” ungkap Sioned.

 



Sekitar 6 minggu setelah persalinan, payudara Anda mungkin tidak 'sepenuh' dulu. Hal ini terjadi karena tubuh sudah menyesuaikan jumlah ASI dengan kebutuhan Si Kecil. Jika Anda masih khawatir dengan suplai ASI, Anda dapat memompa payudara setiap kali menyusui.

 

“Jika Anda menyusui Si Kecil dengan payudara sebelah kanan, pompalah yang sebelah kiri. Pastikan Anda juga meminum banyak air sepanjang hari,” ujar Sioned. Namun, apabila berat Si Kecil tidak kunjung naik dan ia tampak kesulitan menyusu, bawalah ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut. (Nadia/DC/Dok. M&B UK)



Tags: asi,   menyusui,   tips_menyusui,   masalah_menyusui










Cover Mei-Juni-Juli 2020