Mother&Baby Indonesia
4 Tanda Pengeluaran Anda Berlebihan!

4 Tanda Pengeluaran Anda Berlebihan!

Tambal sulam keuangan semakin 'lumrah' seiring banyaknya produk keuangan yang ditawarkan. Dampaknya, banyak yang tidak sadar jumlah pengeluarannya telah berlebihan, sebelum disambangi penagih utang. Tidak ingin hal ini terjadi? Kenali 4 tanda pengeluaran Anda berlebih, seperti yang dilansir dari huffingtonpost.com berikut ini ya, Moms!

 

1. Pemakaian maksimal, pembayaran minimal
Tanda ini menunjukkan bahwa Moms menggunakan kartu kredit untuk menopang pendapatan. Kebiasaan ini akan membentuk lingkaran pengeluaran yang sulit dipatahkan, karena jumlah utang yang semakin menumpuk dan bunga yang tinggi.




2. Terlambat membayar
Berdasarkan data dari Urban Institute, 1 dari 20 orang terlambat membayar tagihan paling sedikit 30 hari dari tanggal yang ditentukan. Terlambat membayar tagihan karena tidak memiliki sejumlah uang adalah tanda dari pengeluaran yang berlebih.




3. Pinjaman jangka pendek
Penggadaian atau kredit multiguna sebaiknya digunakan untuk biaya tidak terduga, bukan untuk biaya sehari-hari. Selain bunga yang besar, terdapat risiko jaminan Anda akan disita jika tidak mampu membayar kembali.


4. Meminjam dari relasi
Meminjam dari keluarga atau teman, merupakan dampak terparah dari jumlah pengeluaran yang berlebihan. Mungkin Moms menggunakan cara ini untuk menghindari bunga yang tinggi. Tapi ingat, cara ini berisiko merusak hubungan, bila Anda tidak mampu membayarnya. (Claudia Carla/TW/Dok. Freedigitalphotos.net)



Tags: keuangan,   keluarga,   tip,   pengeluaran,   cicilan,   pinjaman