Mother&Baby Indonesia
Jangan Simpan 10 Jenis Makanan Ini di Kulkas!

Jangan Simpan 10 Jenis Makanan Ini di Kulkas!

Selama ini, banyak orang mengira bahwa menyimpan bahan makanan di kulkas membuatnya lebih tahan lama. Hal tersebut memang berlaku untuk beberapa jenis makanan tertentu, tetapi ada pula yang justru lebih tahan lama jika disimpan pada suhu ruangan, seperti berikut ini.

 

1. Roti



Jika disimpan di dalam kulkas, roti lebih cepat mengering dan basi. Jadi, Anda sebaiknya menyimpannya di tempat yang kering saja.

 

2. Melon

Melon memang lebih lezat disantap dalam keadaan dingin. Tetapi sebelum dipotong, lebih baik melon disimpan di suhu ruangan. Setelah dipotong, Anda baru dapat menyimpannya di kulkas.

 

3. Pisang

Tumbuh di udara tropis membuat pisang tidak memiliki pertahanan terhadap dingin. Jika pisang yang masih mentah dimasukkan ke kulkas, bukannya matang, pisang tersebut justru akan menghitam.

 

4. Tomat

Walaupun tomat dingin yang disajikan dengan salad tampak menggoda, ternyata buah ini sebaiknya tidak disimpan dalam kulkas. Udara dingin akan merusak membran dalam tomat dan membuat rasa, serta teksturnya berubah.

 

5. Kentang

Menyimpan kentang dalam kulkas ternyata berbahaya lho, Moms! Kandungan pati dalam kentang dapat berubah menjadi gula. Saat digoreng atau dipanggang, gula akan bereaksi dengan asam amino asparagin dan menghasilkan bahan kimia akrilamida yang dianggap berbahaya.

 



6. Kue

Jangan menyimpan kue dalam kulkas, kecuali diselimuti dengan fresh cream. Menyimpan kue dalam kulkas justru akan membuatnya keras.

 

7. Kopi

Kopi mengisap bau dari bahan makanan lain. Menyimpan kopi dalam kulkas akan membuatnya berubah menjadi bau makanan lain.

 

8. Madu

Menyimpan madu dalam kulkas akan membuat teksturnya bergumpal.

 

9. Bawang Merah dan Bawang Putih

Bawang lebih baik disimpan di tempat yang kering. Jika disimpan di dalam kulkas, baunya akan menyebar ke bahan makanan lain. Pastikan Anda menyimpan bawang di tempat gelap agar tidak tumbuh.

 

10. Avokad

Suhu dingin justru membuat avokad sulit matang, jadi hindari menyimpannya di dalam kulkas. Jika Anda ingin avokad cepat matang, cobalah menempatkannya di sebelah pisang. (Nadia/DC/Dok. M&B UK)



Tags: makanan,   nutrisi,   food,   bahan_makanan








Cover Maret 2020