Mother&Baby Indonesia
Pameran Karya Kreatif Indonesia

Pameran Karya Kreatif Indonesia

Bagi para pencinta kain-kain tradisional Indonesia, pameran bertajuk Karya Kreatif Indonesia ini pasti Anda sukai. Acara yang berlangsung pada 26-27 Agustus 2016 ini digelar di Balai Kartini, Jakarta Selatan. Di sini, Moms bisa melihat lebih dekat karya-karya UMKM di Indonesia yang otentik, dan telah sukses mengangkat citra daerah.

 

Karya-karya yang dipamerkan tidak cuma kain tradisional, lho. Ada juga kerajinan tangan, makanan, minuman, hingga sambal aneka rasa yang banyak diserbu pengunjung. Moms juga bisa membeli aneka tenun, batik, hingga tas bordir khas Tasikmalaya yang keren.



 

Setelah puas berbelanja, Moms yang datang dimanjakan dengan fashion show dari Ghea Panggabean, desainer kenamaan Indonesia. Kali ini Ghea menampilkan kain ciri khasnya, yaitu kain Pelangi atau Jumputan. Karya terbarunya ini terinspirasi dari Jumputan Sumatera, Bali, dan Jawa, yang penuh warna seperti pelangi.

 

Di koleksi terbaru ini, Ghea juga memadukan indahnya Jumputan Palembang, kain Pelangi Bali, dan teknik print emas pada songket dan bordir. Kain penuh warna ceria dengan sentuhan emas tersebut menjadi ciri khas yang sangat elegan dan unik. “The collection is unique and uniquely Indonesian,” ujar Ghea Panggabean.



 

Para pengunjung pun bisa mengikuti workshop “Teknik Berkain Dalam Gaya” yang dibawakan oleh Reni Kusumawhardani. Di workshop ini, Moms bisa memahami makna di balik motif-motif batik dan waktu yang tepat untuk memakainya. Setelah itu, Moms bisa belajar cara mengenakan kain, mulai dari gaya klasik hingga modern. Seru!

 

Melalui acara ini, Bank Indonesia berharap pengunjung bisa terinspirasi, bertambah wawasan dan pengalaman, serta bisa lebih mencintai produk-produk karya anak bangsa. Yunita Resmi Sari, dari Departemen Pengembangan UMKM Bank Indonesia, juga berharap acara ini dapat memotivasi UMKM untuk semakin kreatif menghasilkan produk-produk berkualitas. (Tiffany/OCH/Dok. M&B)



Tags: pameran,   kain,   tradisional,   batik,   tenun,   jumputan,  










Cover Mei-Juni-Juli 2020