Mother&Baby Indonesia
4 Kisah Ibu yang Diprotes saat Menyusui di Tempat Umum

4 Kisah Ibu yang Diprotes saat Menyusui di Tempat Umum


Dilarang Menyusui di Pesawat

Juli lalu, Sarah Kate Hooper melakukan penerbangan dari Lanseria ke Durban, Afrika Selatan, bersama suami dan putrinya yang berusia 18 bulan. Sarah yang duduk di window seat berpaling ke arah jendela untuk menyusui sambil ditutupi suaminya yang berada di sebelahnya.

 

Seorang pramugari kemudian menghampiri dan meminta Sarah untuk menutup bajunya. Pramugari tersebut juga menawarkan pria yang duduk di lorong pesawat untuk pindah jika merasa tidak nyaman, namun ditolak. Sarah pun bersikukuh untuk menyusui dan mengadukan perlakuan itu ke pramugari senior.

 

Sayangnya, pramugari senior tersebut tidak berbuat apa-apa dan meminta Sarah untuk mengajukan keluhan kepada pihak maskapai Kulula melalui email. Pihak maskapai pun langsung meminta maaf atas perlakuan staf mereka. (Foto: M&B UK)



Dilarang Menyusui di Bioskop

Sebanyak 50 ibu di Florida berkumpul untuk menonton film Bad Moms sambil membawa anak-anaknya. Sayangnya, beberapa ibu yang membawa bayi diminta keluar, dengan alasan film tersebut tidak sesuai dengan usia anak. Tidak terima dengan perlakuan tersebut, mereka meminta pegawai teater untuk memanggil manajernya.

 

Sambil menunggu di lobi, Juliana Valverde menyusui putrinya yang sudah gelisah dan rewel. Saat pegawai itu kembali, ia meminta Juliana menutupi payudaranya. “Ia memandang saya dengan jijik, hingga saya pun berhenti menyusui,” ujar Juliana seperti dikutip dari nydailynews.com.

 

Mereka akhirnya pergi dari bioskop dengan marah, karena merasa dipermalukan. Hingga saat ini, Juliana masih dalam proses menuntut bioskop tersebut karena melarangnya menyusui. Padahal, hukum di Florida mengizinkan ibu untuk menyusui kapan pun dan di mana pun. (Foto: Nydailynews.com)

 


Dilarang Menyusui di Kafe

Juli lalu, Rosey Hughes dari Manchester, Inggris, juga diminta untuk 'menutup payudaranya' atau berhenti menyusui oleh pegawai Costa Coffee, karena ada pelanggan kafe tersebut yang protes.

 

“Saya sangat terkejut dengan perlakuan tersebut. Pegawai kafe mengatakan bahwa ia sebetulnya mengerti keadaan saya, tetapi mengapa meminta saya untuk berhenti?” ujar Rosey.

 

Teman Rosey kemudian menulis keluhan di media sosial kafe tersebut. Costa Coffee merespons keluhannya dan berjanji akan menyelidiki kejadian ini. Sama seperti di Florida, hukum di Inggris juga memberi hak kepada ibu menyusui untuk menyusui di mana saja. (Foto: Daily Mail)

 



Dilarang Menyusui di Ruang Sidang

April lalu, Stephanie Rhodus, ibu di North Carolina, Amerika, diminta menutup bajunya oleh hakim saat menyusui putranya yang berusia 8 bulan. Stephanie saat itu sedang membela ibunya yang terkena sebuah kasus.

 

“Saya mengetahui tentang hukum di North Carolina, yang memberi ibu hak untuk menyusui di mana saja. Tetapi, saya takut untuk mengatakan hal itu. Jadi, saya meminta maaf dan berhenti menyusui. Bayi saya pun menjadi rewel selama persidangan,” jelas Stephanie. Ia juga merasa keputusan hakim menjadi bias setelah kejadian itu. (Foto: Abcnews.com)


Para ibu di Indonesia tampaknya harus bersyukur jika berbicara tentang menyusui di tempat umum. Masyarakat di sini cukup memakluminya dan tidak banyak protes yang diajukan terhadap ibu menyusui. Namun, tidak demikian dengan para ibu di negara lain. Berikut kisah ibu menyusui yang diprotes karena menyusui di tempat umum. (Nadia Sarasati/DC/Dok. M&B UK)

 





Tags: menyusui,   ibu_menyusui. busui,   tempat_umum








Cover Maret 2020