Mother&Baby Indonesia
4 Manfaat Berpelukan

4 Manfaat Berpelukan

Moms pasti sudah tahu, kalau pola makan sehat dan rajin berolahraga adalah cara ampuh untuk menjaga tubuh tetap sehat. Namun tahukah Moms, kalau berpelukan juga dapat membuat seseorang menjadi sehat?


Berpelukan ternyata tidak hanya menjadi simbol 'sayang', namun ternyata juga efektif memberikan banyak manfaat untuk tubuh. Hasil dari sebuah studi menyatakan bahwa berpelukan dengan pasangan, anak, atau orangtua ternyata memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan.

 



Dalam 1 hari, berpelukan dengan jumlah yang berbeda memiliki manfaat yang berbeda juga lho, Moms. Kita membutuhkan 4 kali berpelukan per hari untuk bertahan hidup, 8 kali berpelukan untuk menjaga kesehatan, serta 12 kali berpelukan untuk membantu tumbuh dan kembang seseorang.

 

Penasaran dengan manfaat lain dari berpelukan? Ini manfaatnya:

1. Menjaga kesehatan jantung

Sebuah penelitian membuktikan bahwa berpelukan dapat menjaga jantung untuk tetap berdetak secara normal. Oleh karena itu, berpelukan dianggap dapat menjaga kesehatan jantung. Maka dari itu, biasakan diri Anda untuk berpelukan setiap harinya!

 

2. Memperbaiki mood

Berpelukan dapat memperbaiki suasana hati. Saat berpelukan, Anda akan merasa lebih aman, dicintai, dan dipercaya. Dan ketika Anda merasa baik, maka zat kimia bernama oksitosin akan dilepaskan otak. Dan juga tubuh Anda akan memproduksi hormon serotonin yang dapat membuat suasana hati menjadi lebih baik dan merasa bahagia.



 

3. Meningkatkan kekebalan tubuh

Memeluk seseorang juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Saat suasana hati yang senang mempengaruhi tubuh Anda, maka rasa bahagia tersebut dapat mengurangi rasa stres yang dirasakan.

 

4. Meningkatkan libido

Berpelukan dapat melepaskan hormon dopamin. Menurut para ahli, hal tersebut dapat meningkatkan libido, dan juga berpelukan dapat membuat seseorang menjadi lebih rileks. Selain itu, berpelukan juga dapat mencegah seseorang mengalami depresi.

 

Karena berpelukan memberikan banyak manfaat, tidak ada salahnya kini Anda dan keluarga mulai membudayakan rutin berpelukan setiap hari, Moms. Tidak hanya menjadi sehat, hubungan keluarga juga akan menjadi lebih harmonis, kan? (Adonia/TW/Dok. M&B UK)



Tags: info,   tips,   berpelukan,   harmonis,   keluarga,   kesehatan,