Mother&Baby Indonesia
Cara Menstimulasi Kecerdasan Anak Usia 0-3 Tahun

Cara Menstimulasi Kecerdasan Anak Usia 0-3 Tahun

Otak Si Kecil sudah terbentuk sejak ia masih di dalam kandungan. Saat lahir, berat otaknya hanya 400 gr dan belum berkembang sempurna. Namun pada usia 3 tahun, berat otak Si Kecil akan mencapai 1.100 gr dan sudah hampir berkembang sempurna.

 

“Masa penentu tumbuh-kembang otak anak memang terjadi sejak dalam kandungan hingga usia 3 tahun. Karena itu, ia perlu diberi nutrisi dan stimulasi yang tepat, agar kecerdasannya berkembang secara optimal,” ujar dr. Ahmad Suryawan, Sp.A(K), dokter tumbuh-kembang anak dari RS Dr. Soetomo. Berikut beberapa hal yang harus Anda lakukan untuk membentuk kecerdasan Si Kecil!



 

Tahun Pertama

0-6 bulan

Pada usia ini, Si Kecil akan belajar mengenali wajah, suara, dan bau tubuh orang lain. Bantu ia untuk mencapai kemampuan tersebut dengan sering menyentuh dan memeluknya. Lakukan saat Anda bermain sambil berbicara atau bernyanyi bersamanya.

 

Tahun Kedua

12-18 bulan



Si Kecil sudah mulai lancar berjalan sendiri atau sambil berpegangan, naik tangga dengan merangkak, melempar bola, serta membalikkan halaman buku. Biarkan ia melakukan semua kegiatan itu sendiri. Anda hanya perlu mengawasi dan menemaninya saja.

 

Tahun Ketiga

24-30 Bulan

Di usia ini, Si Kecil sudah memiliki teman bermain yang disukainya. Bangun kemampuan sosialisasinya dengan menemukan teman yang sebaya dengannya. Jangan lupa untuk mengajari Si Kecil cara berbagi kepada temannya ya, Moms!

 

Ingin mengetahui perkembangan kecerdasan Si Kecil dan stimulasi yang harus diberikan secara lengkap? Baca di Majalah Mother & Baby Indonesia edisi Agustus 2016! (Seva/DC/Dok. M&B UK)



Tags: milestone,   bayi,   cerdas








Cover Maret 2020