Mother&Baby Indonesia
Bayi dengan Kelainan Tabung Saraf Mampu Bertahan Hidup

Bayi dengan Kelainan Tabung Saraf Mampu Bertahan Hidup

Keajaiban terjadi pada pasangan Ben dan Alyssa Riedhead dari Amerika Serikat. Bayi mereka yang bernama William, dapat bertahan hidup sampai sekarang meski lahir dalam keadaan ensefalokel (kepala menonjol).

 

Ensefalokel merupakan kelainan tabung saraf yang ditandai dengan adanya penonjolan meningens (selaput otak) dan otak yang berbentuk seperti kantong melalui suatu lubang pada tulang tengkorak. Biasanya, ensefalokel terjadi karena kegagalan penutupan tabung saraf selama perkembangan janin.



 

Bayi malang ini sudah terdiagnosis ensefalokel sejak masih dalam kandungan. Dan, biasanya bayi dengan kondisi ini meninggal dalam proses persalinan atau beberapa menit setelah dilahirkan. Ben dan Alyssa pun sudah bersiap menghadapi kematian bayi mereka. “Saat mendengar William menangis, saya merasa lega. Itu adalah perasaan terbaik yang pernah saya rasakan,” kata Alyssa.



 

William masih dalam proses perawatan intensif di unit bayi rumah sakit setempat. Kepalanya diperban dan tidur dengan posisi tengkurap. Alyssa mengatakan akan mengusahakan segala pengobatan medis untuk putra kecilnya itu. Melalui blog pribadinya, Alyssa menulis setiap perkembangan William. Semoga diberi umur panjang, Baby William! (Meiskhe/DC/Dok. Techtimes)



Tags: bayi,   kelainan,   kesehatan










Cover Mei-Juni-Juli 2020