Mother&Baby Indonesia
Moms, Jangan Tunda Pemberian MPASI kepada Bayi!

Moms, Jangan Tunda Pemberian MPASI kepada Bayi!

Memasuki usia 6 bulan, bayi perlu diberikan MPASI! “Pada usia tersebut, ASI saja tidak cukup. Mengapa? Si Kecil butuh lebih banyak energi dan nutrisi tambahan untuk mendukung-tumbuh kembangnya. Karenanya, ibu tidak boleh menunda memberikan MPASI, walaupun produksi ASI masih melimpah,“ ungkap dr. Attila Dewanti, Sp.A(K), dalam acara Milna 1st Bite Campaign beberapa waktu lalu di Jakarta.

 

Jika Moms menunda pemberian MPASI kepada Si Kecil, ia akan mengalami kekurangan berat badan. Apabila dibiarkan berkepanjangan, Si Kecil dapat mengalami gizi buruk hingga stunting. Dokter Attila menambahkan, “Daya tahan tubuh Si Kecil pun menjadi lemah dan berisiko terkena berbagai penyakit, seperti diabetes. Ia juga akan sulit konsentrasi ketika sekolah kelak.”



 

Memasuki usia 8-9 bulan, Si Kecil sudah bisa menggenggam benda dengan jari-jari mungilnya. Anda pun bisa melatihnya untuk makan sendiri dengan mengenalkan finger foods kepadanya. Namun, perlu diingat bahwa giginya belum tumbuh semua. Jadi, berikan makanan yang lembut ya, Moms! Berikut beberapa finger foods yang bisa Anda berikan:



 

 

1. Potongan buah, seperti pisang dan peach.
2. Potongan sayur yang sudah dikukus.
3. Keju yang dipotong dadu.
4. Pasta.
5. Telur dadar.
6. Biskuit. (Sagar/DC/Dok. M&B UK)



Tags: bayi,   mpasi,   finger_foods








Cover Januari - Februari 2020