Mother&Baby Indonesia
Ternyata Ini Penyebab Gigi Si Kecil Berantakan!

Ternyata Ini Penyebab Gigi Si Kecil Berantakan!

Moms, apakah gigi Si Kecil sudah tumbuh tetapi tampak tidak rapi atau berantakan? Padahal, ia masih bayi dan belum mengonsumsi makanan yang dapat merusak gigi. Kasus ini ternyata mungkin terjadi kepada beberapa bayi dan penyebabnya beragam, di antaranya:

 

Tertekan Ketuban



Menurut drg. Wina Darwis, MDSc, Sp.KGA, dari Rumah Sakit Pondok Indah (RSPI), saat masih di dalam kandungan, ada kemungkinan dagu Si Kecil tertekan oleh air ketuban. Hal ini menyebabkan rahang bawahnya menjorok ke dalam dan pertumbuhan giginya menjadi tidak rapi.

 

Lahir Prematur

“Bayi yang lahir dengan berat badan rendah atau prematur cenderung mengalami tumbuh-kembang rahang yang kurang sempurna,” ujar drg. Wina.  



 

Faktor Genetis

Jika Anda atau suami memiliki bentuk rahang bawah lebih maju daripada rahang atas yang menyebabkan pertumbuhan gigi susu menjadi berantakan, ada kemungkinan hal itu menurun kepada Si Kecil.

 

Lalu, apakah gigi susu yang berantakan perlu ditangani secara khusus? Dan, bagaimana caranya merawat gigi susu Si Kecil? Baca penjelasannya di Majalah Mother&Baby Indonesia edisi Juli 2016! (Nadia/DC/Dok. M&B UK)



Tags: gigi,   bayi,   kesehatan










Cover Mei-Juni-Juli 2020