Mother&Baby Indonesia
Manfaat Skin to Skin Akhirnya Terbukti Secara Medis

Manfaat Skin to Skin Akhirnya Terbukti Secara Medis

Sebuah penelitian berhasil menunjukkan efek positif skin-to-skin secara medis untuk bayi. Skin-to-skin, seperti namanya, adalah metode di mana Anda mendekap Si Kecil tanpa dilapisi bedong, selimut, pakaian, atau kain lainnya.

 

Dokter Susan Ludington, ahli bonding ibu dan anak, melakukan penelitian dengan meletakkan bayi yang berusia beberapa di dada ibunya. Ia kemudian memantau pernapasan, level oksigen, suhu, dan denyut jantung Si Bayi.



 

Ada 3 ibu yang terlibat dalam penelitian tersebut. Saat didekap, kondisi bayi mereka pun langsung stabil hanya dalam 5 menit berada di dalam dekapan ibunya. Momen itu kemudian direkam dalam sebuah film.

 



“Melalui film ini, kita dapat melihat langsung untuk pertama kalinya, bagaimana dekapan ibu memberikan dampak luar biasa terhadap bayi. Dalam waktu 5 menit kontak skin-to-skin, kita juga menyaksikan bahwa dekapan ibu dapat membantu menstabilkan suhu tubuh bayi,” ungkap Susan, seperti dikutip dari situs mirror.co.uk.

 

Para ibu yang diajak menyaksikan film tersebut pun sangat senang dengan fakta mengenai hasil skin-to-skin. Roisin Walsh, 29, mengatakan, ia jadi ingin memeluk dan mencium putranya terus menerus. (Nadia/DC/Dok. M&B UK)



Tags: baby,   newborn,   kesehatan










Cover April 2020