Mother&Baby Indonesia
5 Tips Nyaman Melalui Minggu Pertama bersama Si Kecil

5 Tips Nyaman Melalui Minggu Pertama bersama Si Kecil

Anda mungkin sudah menyiapkan semuanya, dari baby crib, pakaian bayi yang tertata rapi, popok yang lembut, dan perlengkapan lainnya. Tetapi, perjalanan mengurus Si Kecil ternyata tidak selalu mulus, terutama pada minggu awal kelahirannya.

 



Kesulitan melakukan pelekatan saat menyusui atau harus bangun setiap beberapa jam sekali, hanyalah beberapa masalah yang akan Anda hadapi setelah persalinan. Berikut beberapa tips yang akan membantu Anda melalui minggu pertama dengan Si Kecil.

 

1. Cukup tidur

 

Pada masa awal kehadiran Si Kecil, ia memang akan 'tidur panjang' sekitar 20 jam per hari. Tetapi, hal tersebut tidak berlangsung dalam jangka panjang. Setelahnya, ia akan terbangun setiap 1-4 jam. Anda pun akan sulit tidur karena harus menggendong dan menyusuinya. Karenanya saat Si Kecil tidur, usahakan untuk ikut terlelap bersamanya. Anda juga bisa meminta bantuan kepada keluarga atau suami untuk bergantian menjaganya, agar dapat istirahat sesaat.

 

2. Tenangkan Si Kecil



“Si Kecil akan sangat menginginkan pelukan dan dekapan Anda pada awal kehidupannya,” ungkap Harvey Karp, MD, dokter dan penulis buku Happiest Baby On The Block, seperti dikutip dari parents.com. Anda tidak perlu khawatir Si Kecil akan 'bau tangan', karena menggendong dan mengayunnya penting untuk menciptakan sensasi nyaman seperti yang ia rasakan saat di dalam kandungan.

 

3. Menyusui dengan Tepat

Bagi beberapa ibu, menyusui merupakan proses yang mudah dan alami. Tetapi, banyak ibu lain yang mengalami kesulitan dalam menjalaninya. Sebaiknya, segera hubungi konselor laktasi sebelum masalah lainnya muncul. Pastikan Anda berada dalam posisi menyusui yang benar, agar puting tidak terluka dan Si Kecil mendapat ASI secara optimal.

 

“Pendampingan konselor laktasi dari awal akan membantu Anda mempelajari tentang posisi, pelekatan, dan menyuplai ASI dengan tepat. Hal ini juga akan meningkatkan rasa percaya diri Anda dalam menyusui,” ujar Giuditta Tornetta, penulis buku Painless Childbirth.

 

Perlu diingat pula bahwa Anda akan sering menyusui Si Kecil setiap beberapa jam sekali. Oleh karena itu, pastikan Anda memiliki prasarana yang mendukung kenyamanan, seperti sofa empuk dan bantal menyusui.

 

4. Mandi yang Aman

Banyak orangtua yang gugup saat pertama memandikan bayinya. Kuncinya adalah lakukan dengan tenang dan santai. Pastikan Anda sudah mempersiapkan semua peralatan mandi dan tempatkan dalam jangkauan, supaya bisa mengambilnya dengan mudah. Letakkan Si Kecil di atas handuk dan basuh bagian tubuhnya yang perlu dibersihkan.

 

5. Tentukan Prioritas

Ada banyak hal yang perlu Anda lakukan setelah melahirkan. Saking banyaknya, Anda mungkin akan kewalahan. Buatlah prioritas dan lupakan hal-hal lainnya. Misalnya Anda ingin fokus belajar menyusui dan tidur cukup, maka Anda 'harus' menunda membersihkan rumah atau mengunggah foto untuk mengabarkan kelahiran Si Kecil di media sosial. (Nadia/DC/Dok. M&B UK)



Tags: tips,   newborn,   parenting,   info,   bayi,   balita