Mother&Baby Indonesia
4 Tips Agar Si Kecil Gemar Mengonsumsi MPASI

4 Tips Agar Si Kecil Gemar Mengonsumsi MPASI

Awal pemberian MPASI atau makanan pendamping ASI bisa menjadi masa yang cukup sulit, karena tidak semua bayi langsung semangat mengonsumsinya. Jika Si Kecil termasuk dalam kategori sulit makan atau sering melakukan gerakan tutup mulut (GTM), coba lakukan beberapa tips ini dalam menyiapkan MPASI.

 

1. Tambahkan sedikit bumbu



Walaupun Si Kecil belum pernah mengonsumsi makanan, bukan berarti ia tidak dapat merasakan variasi rasa. Apalagi, jika Anda mengonsumsi makanan dengan beragam rasa selama hamil. Makanan yang Anda konsumsi tersebut disalurkan melalui air ketuban dan memengaruhi selera Si Kecil. “Bayi tidak harus mengonsumsi makanan yang hambar. Jadi, jangan ragu untuk menambahkan sedikit bumbu rempah seperti ketumbar,” ujar Susannah Block, dokter spesialis anak.

 

2. Berkreasilah

Pada dasarnya, anak-anak tertarik dengan warna cerah dan itu juga dapat merangsang kreativitasnya. Cobalah untuk menggunakan bahan makanan yang berwarna cerah dalam menu MPASI Si Kecil. Saat ia sudah mulai menikmati finger food, Anda dapat mencetak makanannya dalam bentuk rumah atau hewan. Sebagai inspirasi, Anda dapat mengintip hasil karya ibu yang menjadi food artist di Instagram, seperti Samantha Lee (@leesamantha), seorang ibu dari Malaysia dan Laleh Mohmedi (@jacob_food_diaries) dari Melbourne, Australia.

 



3. Manfaatkan waktu sarapan                                                                                

Penelitian menunjukkan bahwa bayi lebih jarang menolak sarapan dibandingkan makan siang dan makan malam. Hal ini terjadi karena ia merasa sangat lapar setelah tidur malam yang cukup panjang. Gunakan momen ini untuk memberikan Si Kecil rasa dan tekstur baru!

 

4. Sembunyikan sayuran

Jika Si Kecil mulai menolak makan sayuran hijau, berkreasilah dengan cara 'menyembunyikannya' dalam makanan lain. Misalnya, Anda dapat memasukkan pure bayam atau brokoli dalam sup labu. (Nadia/DC/Dok. Instagram Samantha Lee)



Tags: mpasi,   tips,   makan,   bayi,   picky_eater