Mother&Baby Indonesia
5 Tips Menyiapkan MPASI untuk Perjalanan Mudik

5 Tips Menyiapkan MPASI untuk Perjalanan Mudik

Jika tahun ini adalah kali pertama Anda mudik dengan Si Kecil, tentu persiapannya akan berbeda dari sebelumnya. Apalagi, jika ia berusia di atas 6 bulan dan sudah mengonsumsi MPASI. Perlu diingat bahwa perjalanan mudik tidak bisa diprediksi. Walaupun Anda menggunakan moda transportasi yang relatif cepat atau menempuh jarak pendek, selalu ada kemungkinan delay atau macet. Oleh karena itu, Anda harus mempersiapkan MPASI Si Kecil dengan baik, agar ia tetap nyaman di perjalanan. Berikut tipsnya!

 

1. Jenis makanan yang dibawa



Dilansir dari buku 365 Hari MPASI Plus karangan Diana Damayanti dan Lies Setyarini, Anda disarankan untuk menyiapkan makanan yang praktis selama perjalanan. Anda dapat menyediakan roti, biskuit, keju, dan buah yang mudah dikonsumsi seperti pisang.

 

Siapkan pula makanan yang sudah pasti Si Kecil suka dan jangan memberikan 'makanan' baru. Ia mungkin akan 'kesulitan' beradaptasi dengan situasi bandara atau stasiun yang ramai, jadi jangan tambah 'bebannya' dengan memberikan menu baru. 

 

Untuk pure, Anda dapat membekukan pure sayuran dan kaldu favorit Si Kecil yang sudah matang. Tetapi untuk buah seperti alpukat, pisang, melon, pepaya, dan stroberi lebih baik disajikan dalam keadaan segar.

 

2. Porsi makanan

Pastikan Anda membawa porsi yang cukup untuk MPASI Si Kecil. Bawalah beberapa porsi tambahan untuk mengantisipasi delay keberangkatan atau kemacetan yang mungkin terjadi. Sebagai gambaran, bayi usia 6-9 bulan, makan 2-3 kali per hari, sementara bayi usia 9-12 bulan, makan 3-4 kali perhari.

 



3. Cara menyimpan MPASI

Untuk wadah penyimpanan MPASI, Anda dapat menggunakan baby cube kecil ukuran 40 ml agar mudah dihangatkan. Pastikan wadah plastik yang digunakan BPA free ya, Moms.

 

4. Trik membawa MPASI

Jika Anda menempuh perjalanan cukup panjang, bawalah cooler box atau cooler bag untuk menyimpan MPASI Si Kecil. Pastikan Anda membawa blue ice yang cukup banyak, agar suhu di dalam boks tetap dingin. Makanan dapat bertahan selama 7-8 jam dalam cooler box dan 4-5 jam dalam cooler bag.

 

5. Menyajikan MPASI

Hangatkan baby cube menggunakan mangkuk atau mug yang diisi air hangat. Jika mudik menggunakan pesawat terbang, Anda dapat meminta pramugari menyediakan air panas untuk menghangatkan MPASI Si Kecil. Dengan begitu, Anda tidak perlu repot membawa termos berisi air panas.

 

Jika Anda menggunakan kendaraan pribadi, kereta api, atau kapal laut, sebaiknya Anda menyiapkan air panas sendiri di dalam termos. Pada perjalanan darat, Anda juga dapat berhenti di rest area atau mini market untuk menghangatkan MPASI Si Kecil, karena biasanya mereka menyediakan air panas. (Nadia/DC/Dok. M&B UK)



Tags: mpasi,   tips,   bayi,   travel,   mudik,   lebaran,   tips_mudik








Cover Maret 2020