Mother&Baby Indonesia
Masih Tampak Hamil setelah Melahirkan, Apa Penyebabnya?

Masih Tampak Hamil setelah Melahirkan, Apa Penyebabnya?

Si Kecil sudah bisa tengkurap, tetapi perut Anda masih tampak hamil 3 bulan. Jangan khawatir, Moms! Perut Anda hanya membutuhkan waktu lebih panjang untuk kembali normal pasca melahirkan.

 



Ya! Ada beberapa ibu yang memang langsung memiliki perut rata setelah melahirkan. Tetapi, hal itu sangat jarang terjadi. Kebanyakan ibu harus bersabar selama beberapa bulan untuk kembali ke kondisi normal.

 

“Banyak faktor yang memengaruhi cepat lambatnya perut kembali normal pasca persalinan, seperti berat badan sebelum hamil, usia, faktor genetis, ukuran bayi, kondisi menyusui, dan apakah Anda bersalin normal atau Caesar,” jelas Jason James, MD, Direktur Medis di FemCare Ob-Gyn, Miami, seperti dikutip dari situs glamour.com.



 

Sementara menurut Jim Pivarnik, Ph.D, profesor di Michigan State University, dibutuhkan beberapa bulan untuk mengembalikan otot abdominal ke kondisi normal pasca persalinan, meskipun Anda rajin berolahraga. “Perubahan otot-otot tersebut akan terjadi pelan-pelan seperti pemakaian kawat gigi,” ujar Prof. Jim.

 

Setelah melahirkan, dibutuhkan waktu sekitar 6-8 minggu agar rahim kembali ke ukuran semula. Sementara itu, sel-sel tubuh yang sempat membesar selama hamil akan mengecil secara perlahan dengan cara mengeluarkan kelebihan cairan melalui urine, keringat, dan sekresi vagina.

 

Untuk mempercepat proses ini, Anda harus menyusui Si Kecil. Menyusui dipercaya dapat membantu proses pembakaran kalori dan pengecilan rahim lebih cepat. Selain itu, Anda juga dapat berolahraga, seperti mengikuti kelas postpartum yoga atau berjalan-jalan di sekitar rumah sambil menjemur Si Kecil. Namun, pastikan tubuh Anda sudah siap untuk melakukan aktivitas fisik ya, Moms! (Nadia/DC/Dok. M&B UK)



Tags: persalinan,   olahraga,   pregnancy