Mother&Baby Indonesia
5 Hal yang Harus Anda Ketahui tentang Kesuburan

5 Hal yang Harus Anda Ketahui tentang Kesuburan

Kesuburan tidak hanya tentang sperma yang bertemu sel telur. Tidak juga hanya melibatkan organ genital, tetapi seluruh tubuh, otak, hati, dan hormon yang memengaruhi dari kepala hingga kaki. Berikut beberapa fakta mengenai kesuburan yang juga perlu Anda ketahui!

 

1. Berat badan sangat memengaruhi Anda subur atau tidak, karena lemak pada tubuh menentukan produksi estrogen. Jika Anda terlalu gemuk, estrogen bisa jadi terlalu banyak, sementara kalau terlalu kurus, produksi estrogen sedikit. Jumlah estrogen tersebut pun akan memengaruhi ovulasi.



 

2. Wanita dengan berat badan normal yang rutin melakukan aerobik atau berlari selama 5 jam seminggu, memiliki kemungkinan hamil lebih kecil dibandingkan dengan yang tidak berolahraga. Hal itu terjadi karena tubuh menafsirkan aktivitas tersebut sebagai defisiensi energi, sehingga memengaruhi sistem reproduksi.

 

3. Kontrasepsi oral seperti pil yang berfungsi mencegah kehamilan, untuk kasus tertentu ternyata justru meningkatkan kesempatan hamil. Data penelitian yang dilakukan Universitas Boston pada 2013 menunjukkan, wanita yang berhenti mengonsumsi pil KB akan berada di puncak kesuburan dan umumnya lebih mudah hamil.



 

4. Wanita di usia 40-an dan memasuki masa pra-menopause masih membutuhkan alat kontrasepsi untuk mencegah kehamilan.

 

5. Genetik memengaruhi usia menopause. Contohnya, jika ibu Anda mengalami menopause lebih awal, Anda kemungkinan juga akan mengalaminya. (Meiskhe/DC/Dok. M&B UK)
 



Tags: kehamilan,   info_hamil,   kesuburan,   fakta,   info,   tips










Cover April 2020