Mother&Baby Indonesia
6 Tips Mudik Nyaman dan Aman untuk Ibu Hamil

6 Tips Mudik Nyaman dan Aman untuk Ibu Hamil

Seluruh umat muslim tentu sudah tidak sabar untuk mudik dan merayakan lebaran bersama keluarga besar di kampung halaman. Tetapi jika Anda sedang hamil, pengalaman mudik akan sedikit berbeda dan memerlukan persiapan ekstra. Sebelum mudik, ada baiknya Anda berkonsultasi dahulu dengan dokter kandungan. Jika sudah mendapat lampu hijau, lakukan tips ini agar perjalanan mudik semakin nyaman.

 

1. Cermat memilih moda transportasi



Tekanan udara dan prosedur keamanan bandara cukup aman untuk ibu hamil, jadi Anda tidak perlu khawatir jika ingin mudik menggunakan pesawat. Mobil dan kereta api juga termasuk alat transportasi mudik yang aman, kecuali jika Anda mengalami mual parah. Namun, Anda sebaiknya menghindari penggunaan kapal laut, karena umumnya kondisinya kurang higienis dan Anda akan lebih rentan mengalami dehidrasi.

 

2. Bawa medical record

Jangan lupa untuk membawa buku kehamilan atau rekam medis kehamilan Anda, dari tes darah, foto usg, dan lainnya. Hal ini akan membantu jika Anda harus pergi ke rumah sakit saat berada di kampung halaman.

 

3. Minta bantuan

Jika Anda merasa kelelahan dan tidak kuat berjalan dari check in counter ke waiting room, jangan ragu untuk meminta kursi roda. Jika Anda terpaksa mudik sendirian, jangan membawa koper ke dalam kabin pesawat, karena Anda akan kesulitan menaikkan dan menurunkannya.

 



4. Pakai yang nyaman

Kenakan pakaian dan sepatu yang nyaman! Saat hamil, Anda akan sering menggunakan kamar mandi, jadi pastikan Anda menggunakan pakaian yang mudah dilepas dan dikenakan kembali.

 

5. Bawa camilan

Selain mudah lelah, Anda juga akan sering lapar ketika hamil. Anda memang dapat membeli camilan dan makanan di bandara, stasiun, atau minimarket terdekat. Tetapi dengan keramaian dan kemacetan saat mudik, lebih mudah dan praktis jika Anda membawanya dari rumah.

 

6. Perbanyak asupan cairan

Jaga kondisi tubuh Anda agar tetap dehidrasi dengan minum yang banyak. Jika menggunakan pesawat terbang, jangan malu untuk meminta air mineral ke pramugari. (Nadia/DC/Dok. M&B UK)



Tags: mudik,   lebaran,   travel,   hamil,   bumil,   tips










Cover Mei-Juni-Juli 2020