Mother&Baby Indonesia
6 Tips Memilih Daycare yang Baik untuk Si Kecil

6 Tips Memilih Daycare yang Baik untuk Si Kecil

Jika ART belum juga memberi kabar kapan akan kembali, sementara Anda dan suami harus segera masuk kerja, Anda sebaiknya mulai melirik keberadaan daycare untuk menitipkan Si Kecil. Namun Anda harus tetap selektif dalam memilihnya, agar ia nyaman berada di sana. Berikut tips untuk Anda! 

 

1. Lokasi
Pilihlah lokasi daycare yang strategis, seperti searah dengan kantor Anda dan suami atau dekat lokasi rumah Anda. Dengan begitu, Anda dapat dengan mudah mengantarkan Si Kecil ke daycare dan menjemputnya, tanpa menghabiskan banyak waktu di jalan.

 

2. Izin usaha dan tenaga ahli

Daycare yang dapat dipercaya tentu harus memiliki izin pendirian usaha. Di daycare tersebut juga harus ada pakar pendidikan anak, ahli gizi dan kesehatan anak, serta psikolog anak. Jangan lupa untuk menanyakan apa saja program yang ditawarkan dalam sebulan!

 

3. Ruang terpisah

Anda harus memastikan ruangan bayi dan balita terpisah, terutama ruangan untuk tidur. Perlu diketahui bahwa jam tidur bayi dan balita berbeda, sehingga kualitas tidur mereka dapat terganggu jika disatukan dalam ruangan yang sama.

 

4. Pengasuh

Perhatikan kesigapan para pengasuh di daycare saat sedang berada di ruangan bermain. Pastikan 1 orang pengasuh hanya menjaga 2-3 bayi atau balita, tidak lebih! Jika pengasuh memegang terlalu banyak anak, Si Kecil bisa saja tidak diperhatikan selama di daycare.

 

5. Aman dan bersih

Anda harus mengecek setiap sudut daycare, dari ruang bermain hingga ruang tidur. Jangan sampai ada benda yang dapat membahayakan Si Kecil dan membuatnya kurang nyaman saat bermain. Selain itu, Anda juga harus memerhatikan kebersihan daycare ya, Moms!


6. CCTV
Daycare yang akan Anda pilih sebaiknya memiliki fasilitas CCTV, agar Anda dapat memantau apa saja yang terjadi kepada Si Kecil.

 

Berikut beberapa referensi daycare yang dapat Anda pilih:

My Tootsie Bear
Bellagio Residence, Tower B, Ground Floor Unit OG-20, Kuningan, Jakarta Selatan. Telp. (021) 3002 9893, 0819 0509 7274.

 

My Tootsie Bear menyediakan jasa daycare untuk bayi dan balita. Jika Si Kecil masih mengonsumsi ASI, daycare ini pun memiliki kurir yang siap mengambil ASI hasil perahan Anda untuknya. Setiap harinya, Anda akan mendapatkan laporan mengenai kegiatan Si Kecil, seperti tidur siang, makan, dan lainnya. 

 

PAUD Km 0
Kompleks Kantor Kemendikbud, Jln. Jenderal Sudirman, Gedung E Lantai 3, Jakarta. Telp. (021) 5725061.

 

Fasilitas di PAUD Km 0 ini sangat lengkap, di antaranya ada ruangan bayi, ruang anak usia 1-2 tahun, ruang anak usia 2-3 tahun, ruang Pra SD, ruang tidur, ruang laktasi, ruang ibadah, ruang makan, ruang musik, ruang seni dan kreatif, ruangan seni peran, ruang balok dan gerak, hingga area basah. PAUD yang disebut sebagai salah satu PAUD terbaik di Indonesia ini diresmikan sendiri oleh Menteri Pendidikan, Anies Baswedan, beberapa waktu lalu. 

 

Nature Teach Observe International  Daycare

- Mall Taman Anggrek Lantai Ground #G34 No. 270 Kav 21, Jln. Letjen. S. Parman Kav. 21, Jakarta Barat. Telp. (021) 5639123.

- Sentra Eropa Sektor II, Jln. Village Boulevard Blok E No. 39, Kota Wisata, Cibubur. Telp. (021) 84932088.

- Ruko Plaza Pondok Gede Blok F No.10-11, Jln. Raya Pondok Gede, Jatiwaringin, Bekasi. Telp. (021) 84938037.

- Jln. Gading Serpong Boulevard, Gading Serpong, Tangerang. Telp. (021) 5471368.

- Rukan Sentra Niaga Blok T1 No. 36, Puri Indah, Kembangan Sel, Jakarta Barat. Telp. (021) 5824532.

- Sentra Pancoran Lantait 2, Kav. 1, Jln. MT Haryono, Jakarta Selatan. Telp. (021) 8295983.

 

Program yang diberikan di daycare ini sangat menarik, dari belajar sempoa, balet, hingga taekwondo. Nature Teach Observe International Daycare mengenakan biaya 500 rupiah per hari. Namun, Anda bisa melakukan trial terlebih dahulu dengan biaya 200 rupiah per hari. Daycare ini juga memiliki beberapa lokasi di luar Jabodetabek, Anda bisa mengeceknya di www.ntointernational.com. (Seva/DC/Dok. Freedigitalphotos)



Tags: daycare,   bayi,   balita,   lebaran