Mother&Baby Indonesia
Perhatikan Ini Sebelum Posting Foto Anak di Sekolah!

Perhatikan Ini Sebelum Posting Foto Anak di Sekolah!

Sejak pagi, hampir seluruh media sosial diramaikan dengan hashtag #haripertamasekolah. Apakah Anda salah satu yang menggunakan hashtag tersebut dan mengunggah foto hari pertama Si Kecil di sekolah ke media sosial? Ya! Wajar sekali jika Anda begitu antusias mengabadikan wajahnya yang menggemaskan di hari pertama sekolah.

 

Namun, perlu diingat bahwa banyak orang di luar sana yang mungkin memanfaatkan foto Si Kecil untuk hal-hal yang tidak baik. Berikut 7 hal yang harus Anda perhatikan sebelum mengunggah foto-fotonya ke media sosial seperti dilansir dari sahabatkeluarga.kemdikbud.go.id.



 

1. Jangan memasang identitas lengkap Si Kecil seperti nama, alamat rumah dan sekolah di caption foto saat diunggah ke media sosial. Sebagai gantinya, Anda dapat menyamarkan atau menyingkat namanya.

 

2. Jangan memberikan fitur geo-tagging atau nama lokasi yang memperlihatkan di mana Si Kecil bersekolah. Fitur ini dapat dimatikan atau Anda menggunakannya hanya di media sosial yang di-private. Dengan begitu, keberadaan Si Kecil hanya dapat diketahui oleh kerabat dan sahabat dekat saja.

 

3. Saat ini, media sosial sudah memiliki fitur yang dapat mengatur privasi Anda, gunakanlah jika dirasa perlu. Pastikan foto dan identitas Si Kecil hanya dapat dilihat oleh orang yang Anda kenal dan percaya.



 

4. Jangan memasang foto Si Kecil yang sedang menangis atau membuatnya malu. Hal ini untuk menghindari kemungkinan ia di-bully nantinya.

 

5. Minta izin kepada Si Kecil sebelum mengunggah foto tersebut, karena belum tentu ia senang fotonya disebarluaskan di media sosial.

 

6. Jangan memasang foto anak lain di media sosial sebelum Anda meminta izin orangtuanya. Hal ini juga berlaku sebaliknya. Jangan dengan mudah membiarkan orang yang tidak Anda kenal dengan baik untuk mengunggah foto Si Kecil. (Nadia/DC/Dok. Freedigitalphotos)



Tags: toddler,   balita,   sekolah