Mother&Baby Indonesia
7 Posisi Menyusui agar Sukses Memberikan ASI Eksklusif

7 Posisi Menyusui agar Sukses Memberikan ASI Eksklusif


1. Side-Lying Hold

 

Untuk melakukan posisi ini, Anda dan Si Kecil harus tidur sambil saling berhadapan. Pastikan mulutnya dapat menjangkau payudara Anda dengan tepat. 



2. Cradle Hold

 

Dalam posisi duduk, dekap Si Kecil hingga wajahnya mengarah ke payudara Anda. Pastikan pula tubuh Si Kecil menghadap ke Anda, sehingga kepala dan tubuhnya berada dalam 1 garis lurus.

 



3. Rugby Ball Hold

 

Anda harus memosisikan tubuh bayi di bawah lengan, seperti sedang memegang tas tangan. Pastikan ia menghadap Anda dan kakinya menghadap punggung Anda. Dekap bayi menggunakan lengan Anda yang lain untuk menahan punggung bagian atasnya.

 



4. Koala Hold

 

Posisi ini persis seperti posisi koala sedang memeluk anaknya. Duduklah dengan lutut menekuk ke arah tubuh Anda, lalu letakkan Si Kecil seperti pada gambar. Jangan lupa untuk tetap memegang tubuhnya ya, Moms!

 



5. Laid-Back Breastfeeding

 

Lakukan posisi ini terutama di awal-awal kelahiran. Tidurlah dengan kepala disanggah bantal dan posisikan bayi tengkurap menghadap tubuh Anda. Pastikan mulut bayi langsung menjangkau puting Anda tanpa menutupi hidungnya.



6. Laid-Back Breastfeeding After a Caesarean

 

Posisi ini hampir sama seperti posisi Laid-Back Breastfeeding. Perbedaannya ada pada posisi bayi yang diletakkan secara vertikal untuk melindungi luka Caesar Anda.



7. Twins Hold

 

Bagi Anda yang memiliki bayi kembar, Anda dapat menggunakan posisi ini. Letakkan bantal di bawah tubuh mereka, topang tubuh, dan pegang lembut punggungnya. Bila perlu, mintalah bantuan pasangan Anda untuk ikut menopang Si Kembar.




Bagi ibu baru, menyusui adalah salah satu hal yang harus dipelajari. Pada awalnya, menyusui mungkin terasa sulit karena harus memerhatikan pelekatan, kenyamanan, serta apakah bayi mendapatkan ASI yang cukup. Kabar baiknya, ada 7 pilihan posisi yang ternyata dapat mendukung keberhasilan Anda dalam menyusui. Selamat mencoba, Moms! (Seva/DC/Dok. Babycenter, M&B UK)







Tags: breastfeeding,   menyusui,   pelekatan