Mother&Baby Indonesia
Cara Hemat untuk Penuhi Undangan Berbuka Puasa Bersama

Cara Hemat untuk Penuhi Undangan Berbuka Puasa Bersama

Salah satu kegiatan khas di bulan Ramadan adalah buka puasa bersama, baik dengan teman kuliah, kerja, atau keluarga. Jika dihitung dengan saksama, uang yang dikeluarkan bisa melebihi anggaran konsumsi sebulan. Nah, agar buka puasa tidak mengganggu keuangan Anda, ikuti tips berikut ini.


1. Batasi Undangan
Tetapkan anggaran buka puasa dari awal, agar tetap aman untuk keuangan sebulan. Berhentilah memenuhi undangan jika uang yang dikeluarkan melebihi anggaran yang sudah ditetapkan. Sebaiknya, buat daftar prioritas undangan terlebih dahulu agar undangan dari orang-orang terdekat tetap menjadi yang utama.

 




2. Utamakan di Rumah
Daripada memesan tempat di restoran dan menunggu berjam-jam untuk berbuka puasa bersama, lebih baik adakan di rumah. Anda bisa mengajak keluarga atau teman untuk bersama-sama menyiapkan menu berbuka. Selain lebih hemat, momen kebersamaan juga bisa lebih lama dan fleksibel dibandingkan di restoran.

 



3. Patungan Makan

Saat menghadiri acara buka bersama di restoran, sebaiknya ajak untuk 'makan tengah' atau makan bersama dibandingkan pesan menu masing-masing. Dengan memesan porsi besar, Anda dapat lebih menghemat dibandingkan memilih porsi pribadi yang biasanya lebih mahal. (Claudia Carla/DC/Dok. Freedigitalphotos)



Tags: ramadan,   tips,   berpuasa,   buka puasa,   sahur,   keuangan