Mother&Baby Indonesia
6 Pos Dana THR yang Seharusnya Anda Penuhi!

6 Pos Dana THR yang Seharusnya Anda Penuhi!

Menjelang lebaran, hampir seluruh perusahaan akan memberikan tunjangan hari raya atau THR kepada pegawainya. Jika dilihat dari jumlah yang biasanya 1 kali gaji, tentu lumayan untuk untuk menambah pundi-pundi keuangan Anda. Tetapi jika tidak dikelola dengan baik, bisa-bisa THR langsung habis untuk berbelanja di midnight sale dan membeli tiket mudik.

 

Salah satu cara agar hal tersebut tidak terjadi adalah menempatkan dana THR pada pos-pos yang spesifik. Berikut pos-pos dana THR seperti dilansir dari pritaghozie.com, situs pribadi financial planner, Prita Ghozie.



 

1. Pos Zakat
Salah satu kewajiban umat muslim saat Idul Fitri adalah membayar zakat, termasuk zakat fitrah dan zakat harta yang mugkin belum sempat dilaksanakan.

 

2. Pos Kebutuhan Lebaran
Tidak dapat dimungkiri bahwa akan ada beberapa pengeluaran tambahan saat hari raya seperti baju baru, bahan makanan, dan kebutuhan lainnya.

 

3. Pos Mudik dan Liburan
Lebaran selalu diikuti dengan liburan cukup panjang. Karenanya, jangan lupa mengalokasikan dana untuk hal ini, Moms. Pos ini termasuk biaya transportasi, akomodasi, dan hadiah untuk keluarga. Di sini, Anda pun harus menghitung dengan cermat. Jika pos ini membutuhkan alokasi dana lebih banyak, dana untuk kebutuhan lebaran harus dikurangi atau sebaliknya.

 



4. Pos Dana Darurat
Sebaiknya, Anda mengalokasikan 10-20 persen THR untuk dana darurat. Dana ini untuk digunakan sebagai cadangan jika Anda membutuhkan uang sebelum tanggal gajian. Tetapi, dana ini hanya boleh digunakan setelah lebaran, ya!

 

5. Pos Bayar Utang
Jika Anda baru mendapat THR beberapa hari sebelum lebaran, Anda mungkin sudah menggunakan kartu kredit untuk memenuhi kebutuhan lebaran. Bayarlah utang tersebut dengan dana THR. Jika masih ada sisa, Anda dapat membayar utang lain, seperti kredit rumah atau kendaraan.

 

6. Pos Investasi
Untuk THR dalam jumlah yang cukup besar atau berkisar ratusan juta rupiah, Anda dapat mengalokasikan dana sekitar 10 persen untuk investasi dengan tujuan keuangan jangka menengah atau panjang.

 

7. Pos Idul Adha
Hanya berselang beberapa bulan setelah lebaran, Anda akan merayakan Idul Adha atau hari raya kurban dan membutuhkan dana untuk membeli hewan kurban. Mengingat tidak ada THR saat Idul Adha, Anda dapat menyisihkan dana THR Idul Fitri untuk kebutuhan tersebut. (Nadia/DC/Dok. Freedigitalphotos)



Tags: thr,   lebaran,   keuangan,   keluarga,   tips