Mother&Baby Indonesia
Pentingnya Belajar Seni bagi Para Guru

Pentingnya Belajar Seni bagi Para Guru

Pada usia balita, anak-anak tentu sering bersentuhan dengan seni melalui beragam aktivitas, seperti mewarnai dan membuat kerajinan tangan. Oleh karena itu, guru-guru TK dan PAUD diharapkan memiliki kreativitas agar bisa membantu mereka menyalurkan bakat seninya.

 

Untuk mencapai tujuan tersebut, Bazaar Art Jakarta pun mengadakan pelatihan untuk guru TK dan PAUD dengan tema “Mari Mengajar Kreatif' pada Minggu (23/7) di Istana Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta. Pelatihan ini merupakan rangkaian acara dari Bazaar Art Jakarta 2016 dan dilaksanakan bertepatan dengan hari Anak Nasional.



 

“Pelatihan ini merupakan CSR educational dari Bazaar Art Jakarta sebagai salah satu bentuk kontribusi kami bagi masyarakat dan dunia seni rupa Indonesia. Komitmen ini juga dapat dilihat setiap kali pelaksanaan Bazaar Art Jakarta, termasuk Bazaar Art Jakarta 2016. Kami akan mengadakan berbagai program, seperti TalkArt yang dapat meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap seni dan EduArt, sebuah program edukatif sebagai media bagi para seniman untuk meningkatkan wawasan seni masyarakat, termasuk anak-anak,” jelas Indriati Wirjanto, Head of Committee Bazaar Art Jakarta 2016.

 

Pada pelatihan ini, para guru diberi tantangan untuk menarik garis dan menggambar sesuatu. Hasilnya, hampir semua guru menggambar gunung dan sawah. Untuk lebih meningkatkan kreativitas mereka, Bazaar Art yang yang bekerja sama dengan Ganara Art Studio pun mengajari para guru tersebut untuk berkreasi dengan lebih berani dan kreatif.

 



Mereka juga diajarkan untuk berkreasi menggunakan alat-alat yang ada di sekitarnya. Misalnya memanfaatkan styrofoam bekas untuk dijadikan sablon, membuat cat air dari cuka, tepung, dan pewarna makanan, serta belajar berhitung sambil membuat kerajinan tangan dari benang dan manik-manik.

 

“Melalui kegiatan ini, kami berharap bisa menyebarkan kebaikan seni dan menginspirasi para guru melalui seni kreatif. Dengan begitu, mereka bisa mengantarkan anak-anak Indonesia untuk meraih masa depan yang lebih baik," ujar Saraswati Djumaryo, pendiri dan direktur seni Ganara Art Studio.

 

Sementara itu, mengomentari pentingnya seni untuk anak-anak, Vivi Yip, Fair Director Bazaar Art Jakarta 2016 mengungkapkan, “Seni itu bagaikan vitamin bagi jiwa anak anak. Jika wawasan seni sudah ditanamkan sejak dini, kelak mereka akan memiliki jiwa yang kuat.” (Nadia/DC/Dok. Bazaar Art Jakarta 2016) 



Tags: bazaar_art_jakarta_2016,   bazaar_art










Cover April 2020