Mother&Baby Indonesia
Ribuan Anak Nigeria Menderita Kekurangan Gizi Akut

Ribuan Anak Nigeria Menderita Kekurangan Gizi Akut

Hampir seperempat dari jutaan anak di wilayah Borno, Nigeria, menderita kekurangan gizi akut. Menurut PBB, banyak di antaranya yang akan meninggal jika tidak segera mendapatkan perawatan. Di wilayah yang dikuasai oleh Pasukan Boko Haram tersebut juga ditemukan banyak orang yang hidup tanpa air, makanan, dan sanitasi yang baik.

 

Bulan lalu, salah satu lembaga sosial mengatakan, orang-orang yang kabur dari Boko Haram telah mati kelaparan. UNICEF juga mengungkapkan, semakin banyak area di wilayah timur laut Nigeria yang bisa diakses oleh bantuan kemanusiaan, semakin terlihat pula krisis gizi buruk yang menimpa anak-anak.



 

“Sebanyak 244.000 anak ditemukan menderita kekurangan gizi akut di Borno. Dan, hampir 1 dari 5 di antaranya akan meninggal jika tidak mendapatkan perawatan. Diperkirakan sekitar 134 anak akan meninggal setiap harinya bila respons terhadap kasus ini tidak segera ditingkatkan,” jelas Manuel Fontaine, Direktur Wilayah Regional dari UNICEF untuk Kawasan Barat dan Afrika Tengah.



 

Manuel menambahkan, dibutuhkan banyak pihak dan donatur untuk bersama-sama mencegah bertambahnya anak yang meninggal. Ya! Untuk kasus seberat ini, memang tidak ada yang mampu menanganinya sendiri. (Claudia Carla/DC/Dok. BBC.com)



Tags: bayi,   balita,   kesehatan,   gizi,   nutrisi