Mother&Baby Indonesia
Mengapa Ibu Menyusui Tidak Boleh Minum Alkohol?

Mengapa Ibu Menyusui Tidak Boleh Minum Alkohol?

Pernyataan bahwa ibu menyusui tidak boleh minum alkohol, pasti sudah sering Anda dengar. Dan faktanya, jika Anda mengonsumsi alkohol saat menyusui, minuman tersebut akan mengalir melalui darah dan tersalur ke dalam ASI.

 



Perlu diketahui pula bahwa meski Anda hanya mengonsumsi sedikit alkohol, minuman tersebut tetap akan memengaruhi Si Kecil. Hatinya belum matang, sehingga tubuhnya akan kesulitan untuk memproses minuman tersebut. Dilansir dari babycenter.com, kemampuan anak di bawah 3 tahun untuk memproses alkohol, hanya setengah dari orang dewasa.



 

Penelitian juga menunjukkan konsumsi alkohol pada ibu menyusui akan berpengaruh terhadap pola makan dan tidur Si Kecil. Konsumsi 4 ons wine atau sekaleng bir saja dapat mengurangi konsumsi ASI sebanyak 20 persen. Ia pun mudah mengantuk dan tertidur lebih cepat setelah ibu minum alkohol dengan rentang waktu tidur lebih pendek.

 

Selain berdampak pada pola makan dan tidur, alkohol juga terbukti menghambat perkembangan Si Kecil. Penelitian terhadap 400 bayi menunjukkan, perkembangan motorik anak usia 1 tahun yang ibunya meminum segelas alkohol setiap hari selama 3 bulan pertama pasca kelahiran, lebih lambat dibandingkan bayi yang ibunya tidak mengonsumsi alkohol. (Claudia Carla/DC/Dok. Freeimages)                                                                                                                                                                                                                         



Tags: asi,   ibu,   alkohol