Mother&Baby Indonesia
Trik Mengendalikan Emosi Si Kecil Sesuai Usianya

Trik Mengendalikan Emosi Si Kecil Sesuai Usianya

Semakin bertambah usia Si Kecil, kemampuannya dalam berbagai hal pun semakin berkembang, termasuk bagaimana ia belajar mengendalikan diri atau self control. Lakukan ini untuk membantunya mengendalikan emosi.

 

Usia 0-12 Bulan
Bantu Tetap Tenang dan Nyaman

Salah satu faktor penting dalam mengembangkan pengendalian diri adalah kemampuan menenangkan diri saat kecewa. Nah karena bayi belum mampu melakukannya, tugas Sang Pengasuh atau Anda lah untuk menenangkan dan menyamankannya. Misalnya, dengan mengelus punggungnya menjelang tidur atau mendekapnya ketika menangis.



 

Usia 1-2 Tahun
Ketahui Temperamen Si Kecil

Setiap manusia diciptakan unik, termasuk temperamennya. Ada orang yang sangat mudah marah, ada yang baru marah jika harga dirinya disindir, namun ada pula yang sangat tenang dan sulit marah. Cobalah kenali bagaimana temperamen Si Kecil dengan melihat bagaimana ia merespons berbagai hal di sekitarnya.

 



Usia 3-4 Tahun
Gunakan Kalimat Sederhana dan Gestur

Kemampuan berbahasa yang semakin berkembang membuat Si Kecil dapat memahami percakapan cukup panjang dengan Anda. Gunakan suara yang lembut namun tegas, disertai gestur tertentu jika Anda ingin menasehatinya karena sudah melakukan hal yang kurang baik.

 

Temukan informasi lebih lengkap tentang cara mengendalikan emosi Si Kecil di Majalah Mother&Baby Indonesia edisi Juli 2016. (Seva/DC/Dok. M&B UK)



Tags: balita,   anak,   info_balita,   tantrum










Cover Mei-Juni-Juli 2020