Mother&Baby Indonesia
Trik agar Anak Nyaman dan Tenang saat Diajak Berlebaran

Trik agar Anak Nyaman dan Tenang saat Diajak Berlebaran

Lebaran telah tiba! Saatnya bersilaturahmi dengan sanak saudara dan para tetangga. Tetapi, apakah Anda pernah melihat balita yang justru merengek saat orangtua dan keluarganya sedang berkumpul? Anda tentu tidak ingin Si Kecil bersikap seperti itu, bukan? 

 

Cobalah untuk memberi pengertian dan mengajari Si Kecil mengenai makna Idul Fitri, beserta tradisi silaturahmi yang biasa dilakukan untuk merayakannya. Dan, berikut beberapa hal yang dapat Anda ajarkan kepadanya agar ia nyaman saat berlebaran.



 

1. Bersalaman dan cium tangan

Walaupun sederhana, menyalami dan mencium tangan orang yang lebih tua dapat menunjukkan rasa hormat serta penghargaan terhadapnya. Kakek, nenek, om, tante, semuanya pasti senang dan bangga melihat Si Kecil mau bersalaman, serta mencium tangan orang yang lebih tua.

 



2. Mempelajari makna silaturahmi

Idul Fitri merupakan momen untuk bersilaturahmi dan saling memaafkan. Walaupun Si Kecil mungkin belum terlalu mengerti maknanya, Anda tetap harus mengajarkan konsep tersebut kepadanya. Jadi, ia tidak bingung ketika Anda mengajaknya mengunjungi sanak saudara untuk bersilaturahmi.

 

3. Mengucapkan terima kasih

Saat lebaran, Si Kecil biasanya akan mendapatkan 'salam tempel' berisi uang dari sanak saudaranya yang sudah bekerja atau berkeluarga. Ajari ia untuk berterima kasih kepada pemberi 'salam tempel' dan menyerahkan amplopnya kepada Anda untuk disimpan. (Nadia/DC/Dok. M&B UK)



Tags: tips,   lebaran,   mudik,   silaturahmi,   tips_mudik










Cover Mei-Juni-Juli 2020