Mother&Baby Indonesia
Penting! Cara Menerapkan Disiplin kepada Bayi

Penting! Cara Menerapkan Disiplin kepada Bayi

Moms, Anda ternyata sudah bisa menerapkan disiplin kepada Si Kecil sejak bayi, lho! Dengan begitu, landasan disiplinnya pun akan lebih kuat. Tetapi, perlu diingat bahwa bentuk kedisiplinan di sini berbeda dengan balita yang sudah bisa diajak berkomunikasi.

 

“Disiplin untuk bayi lebih pada bentuk rutinitas yang terstruktur. Jadi, ia dibiasakan menjalani aktivitas yang rutin,” ujar psikolog Vera Itabiliana Hadiwidjojo, di acara parenting class bersama Tiga Generasi di Jakarta, Senin (20/6).



 

Biasakan bayi melakukan aktivitas secara berurutan, seperti bangun tidur, makan, mandi, tidur. “Jadi bukan dijadwal berdasarkan jam, melainkan urutan,” tambah Vera.

 



Rutinitas ini pun harus dilakukan secara konsisten, yang berarti terus berjalan setiap hari. Namun di sisi lain, Anda juga harus fleksibel, karena aktivitas bayi di bawah umur 1 tahun masih berubah-ubah. Jika ia tidak mau mengikuti rutinitas yang sudah direncanakan, Anda dapat mengontrol situasinya.

 

“Contohnya, Anda dapat mematikan lampu dan televisi saat bayi tidak mau tidur siang. Atau, Anda dapat menggeser waktu makannya, di saat ia benar-benar lapar,” tutup Vera. (Nadia/DC/Dok. M&B)



Tags: bayi,   disiplin,   tips








Cover Maret 2020