Mother&Baby Indonesia
Siapkan Mental Anda sebelum Memberikan Si Kecil MPASI!

Siapkan Mental Anda sebelum Memberikan Si Kecil MPASI!

Memasuki usia 6 bulan, waktunya Si Kecil mendapatkan makanan pendamping ASI (MPASI). Anda pasti akan berbelanja peralatan makan untuknya, dari mangkuk, bib, sampai high chair. Namun selain perlengkapan MPASI, Anda juga harus mempersiapkan mental Anda. Berikut tipsnya!

 

1. Perhatikan kesiapan Si Kecil
Pemerintah dan Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) memang merekomendasikan pemberian MPASI kepada Si Kecil di usia 6 bulan, tetapi ada baiknya Anda juga melihat kesiapannya. Salah satu tanda Si Kecil sudah siap menerima makanan adalah ia sudah bisa menahan kepalanya untuk tetap tegak dan sudah bisa duduk.



 

2. Lakukan dengan santai
“Anda akan memperkenalkan salah satu kenikmatan dunia kepada Si Kecil, jadi lakukanlah dengan tenang. Ia dapat membaca raut wajah Anda, walaupun belum mengerti kalimat yang Anda ucapkan. Jika Anda menawarkan makanan dengan raut wajah khawatir, Si Kecil mengira sesuatu yang buruk akan terjadi. Jika Anda tersenyum, ia akan menyambut makanan dengan gembira," jelas Judy More, dokter anak.

 

3. Nikmati prosesnya
Menyuapi Si Kecil pasti akan berantakan! Tetapi terus-menerus mengelap mulutnya, high chair, dan lantai agar tetap bersih, justru akan mengganggu waktu makannya. Untuk mengatasinya, Anda dapat menggunakan alas plastik sekali pakai atau menerima bahwa Anda harus bersih-bersih setiap kali Si Kecil selesai makan.

 

4. Pelan-pelan saja
Menurut Tracey Murkett, penulis buku Baby Led-Weaning: Helping Your Baby To Love Good Food, saat makan, Si Kecil belajar banyak hal, seperti mengunyah dan kapan ia kenyang. “Biarkan Si Kecil makan selama yang ia inginkan, agar ia dapat lebih berkonsentrasi,” ujar Tracey.



 

5. Jangan khawatir dengan porsi
Menurut dr. Judy, jika Si Kecil mengonsumsi banyak makanan, ia akan minum susu lebih sedikit dan sebaliknya. Ia akan menemukan sendiri keseimbangannya. Oleh karena itu, jangan khawatir dengan besaran porsi yang ia konsumsi. Jadikan pemberian MPASI sebagai proses Si Kecil belajar keterampilan baru, bukan kompetisi siapa yang makan paling banyak.

 

6. Berikan susu sebelumnya
Akan sulit memberikan makanan pertama saat Si Kecil benar-benar merasa lapar. Cobalah berikan susu 30 menit sebelum ia makan. Jadi, Si Kecil tidak akan marah jika ia belum berhasil menelan makanan. Gunakan waktu makan di awal MPASI sebagai ajang pengenalan rasa, bukan untuk memenuhi kebutuhan makannya.

 

7. Berikan bubur nasi
Bubur nasi adalah pilihan tepat untuk makanan pertama Si Kecil, karena tidak kaya rasa dan ia dapat merasakan perbedaan teksturnya. Anda juga dapat mencampurnya dengan makanan lain sebagai lauk pauk. Anda dapat membuat bubur yang encer terlebih dahulu, kemudian dikentalkan seiring pertambahan usia Si Kecil. (Nadia/DC/Dok. M&B)



Tags: mpasi,   tips,   makan,   bayi,   baby










Cover Mei-Juni-Juli 2020