Mother&Baby Indonesia
Menyiasati Berat Badan yang Tak Kunjung Naik saat Hamil

Menyiasati Berat Badan yang Tak Kunjung Naik saat Hamil

Banyak ibu hamil yang kesulitan menaikkan berat badan di trimester pertama kehamilan. Hal ini biasanya disebabkan oleh mual dan muntah yang dialami. Tetapi Anda tak perlu khawatir, janin yang ukurannya masih kecil memiliki kebutuhan gizi yang 'kecil' pula. Jadi, kesulitan Anda menaikkan berat badan tidak akan memengaruhinya.

 

Namun menurut situs whattoexpect.com, memasuki trimester ke-2, Anda harus mulai mengupayakan kenaikan berat badan secara bertahap. Mengapa? Di trimester ini, bayi sudah mulai mengambil lebih banyak nutrisi dan kalori dari tubuh Anda.



 

Untuk menyiasatinya, mulailah mengonsumsi makanan bernutrisi seimbang dan pantau berat badan saat kehamilan memasuki bulan ke-4. Konsumsilah lebih banyak makanan bergizi yang tinggi kalori. Pilihlah pola makan yang efisien. Jika Anda tidak dapat makan dalam porsi banyak, coba untuk makan dalam porsi kecil namun sering. Konsumsi camilan lebih sering dan jangan lewatkan satu pun waktu makan.



 

Nikmatilah salad, sup, dan minuman yang mengenyangkan sebagai hidangan utama, agar selera makan Anda tidak hilang. Konsumsi pula makanan yang mengandung banyak lemak baik seperti kacang-kacangan, biji-bijian, dan avokad. Ingat! Jangan pernah berusaha menaikkan berat badan dengan makanan cepat saji ya, Moms. (Lydia Natasha/DC/Dok. M&B UK)



Tags: kehamilan,   info_hamil,   ibu










Cover Mei-Juni-Juli 2020