Mother&Baby Indonesia
Tips Memilih Preschool yang Tepat untuk Balita

Tips Memilih Preschool yang Tepat untuk Balita

Tentu banyak pertimbangan yang Moms pikirkan saat memilih preschool untuk Si Kecil, dari jarak hingga kurikulum yang digunakan. Sebagian ibu menganggap, kurikulum lah yang paling penting untuk dipertimbangkan, tetapi sering kali lupa memerhatikan kualitas pengajarnya.

 

Padahal menurut John Anthony Millis, Kepala Sekolah AIS (Australian Independent School) di Bali, guru memiliki peran penting yang dapat memberikan pengaruh positif atau negatif terhadap perkembangan anak. Sebelum memutuskan preschool untuk Si Kecil, pastikan Moms telah melakukan beberapa hal berikut ini:

 

1. Berkunjung ke Kelas

Semua informasi positif mengenai sekolah pasti diberikan oleh pihak terkait. Namun, untuk menguji kebenaran informasi tersebut, Moms perlu melihat langsung proses belajar dan mengajar di sekolah. Anda tidak bisa menilai secara objektif, jika tidak melihat praktik nyatanya, bukan?

 

2. Perhatikan Interaksi di Kelas

Perhatikan apakah terdapat interaksi yang baik antara guru dan murid di dalam kelas! Bagaimana dengan interaksi antar siswa? Apakah interaksi di dalam kelas menciptakan suasana yang positif atau malah terlihat menegangkan? Guru yang hebat akan menghargai muridnya, serta mampu menciptakan suasana kelas yang menyenangkan.

 

3. Sesuai dengan Prinsip

Dengan melihat berbagai kegiatan, Moms akan memiliki gambaran lebih jelas mengenai budaya sekolah. Selanjutnya, renungkan apakah budaya tersebut sesuai dengan prinsip Anda? Jika ya, sekolah tersebut merupakan pilihan tepat untuk Si Kecil. (Claudia Carla/DC/Dok. Freedigitalphotos)



Tags: balita,   toddle,   tips,   trik,   pendidikan










Cover April 2020