Mother&Baby Indonesia
3 Cara Efektif Mengatasi Anak yang Susah Makan

3 Cara Efektif Mengatasi Anak yang Susah Makan

Pernahkah Anda mengalami kondisi Si Kecil susah makan? Banyak orangtua yang berpikir bahwa memberikan multivitamin atau suplemen kepada anak, dapat meningkatkan nafsu makan mereka. Padahal, menurut Dr. dr. Ahmad Suryawan, Sp.A(K), konsultan tumbuh-kembang anak, ada beberapa hal yang lebih efektif untuk mengatasi anak yang susah makan, yaitu:

 

1. Jangan berikan obat sebelum konsultasi dengan dokter 



Hindari untuk memberikan obat kepada anak sebelum berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Hal ini penting, karena Anda tidak mengetahui penyebab Si Kecil susah makan. Salah memberikan obat hanya akan berdampak buruk bagi kesehatannya.

 

2. Jangan terburu-buru memberikan antibiotik 



Memberikan antibiotik kepada anak lama-kelamaan hanya akan membunuh mikrobiota dalam tubuhnya. Jangan terlalu terburu-buru memberikan antibiotik kepada Si Kecil sebelum mengetahui penyebab sesungguhnya mengapa ia susah makan.

 

3. Ajak Si Kecil makan dengan suasana menyenangkan 

Orangtua kerap memaksa anaknya untuk menghabiskan makanannya. Hal ini ternyata hanya akan mengurangi nafsu makan anak lho, Moms! Ciptakan suasana yang menyenangkan ketika menyuapi Si Kecil, misalnya sambil bermain. Ini akan membuatnya lebih lahap saat menyantap makanan. (Lydia Natasha/DC/Dok. M&B UK)



Tags: balita,   anak,   info_balita








Cover Maret 2020