Mother&Baby Indonesia
5 Tips Belanja Online dengan Aman untuk Ibu yang Sibuk

5 Tips Belanja Online dengan Aman untuk Ibu yang Sibuk

Moms, belanja secara online tentu sudah sangat lekat dengan Anda. Selain bisa dilakukan di mana saja, bahkan sambil menyusui Si Kecil, Anda juga dapat membandingkan produk yang sama dari berbagai toko berbeda dan memilih harga paling murah. Ya! Online shopping memang menjadi jawaban bagi para ibu, baik yang bekerja maupun ibu rumah tangga, yang sibuk dengan berbagai urusan keluarga dan tidak memiliki waktu untuk pergi ke pusat perbelanjaan.

 



Survei yang dilakukan oleh forum online Female Daily Network pun mengungkapkan, wanita di Indonesia memang senang sekali belanja online. Dari 40 juta wanita pengguna internet di Indonesia, 66 persen pernah membeli barang secara online untuk keluarga dan 38 persen untuk teman. Sementara, jumlah uang yang dikeluarkan berkisar antara Rp 250.000-Rp 500.000 setiap kali belanja.

 

"Belanja online dirasakan sebagai solusi praktis, khususnya bagi masyarakat modern. Begitu juga bagi para wanita yang saat ini semakin mampu mengaktualisasikan diri melalui pekerjaan dan keluarga barunya. Mereka dituntut untuk terampil mengatur waktu dan belanja online menjadi salah satu solusinya, termasuk untuk urusan perlengkapan ibu dan anak," ungkap Fransisca Krisantia Nugraha, Trade Partnership General Manager Blibli.com saat ditemui Senin (20/6). Namun, sebelum Anda yang belanja online, simak dahulu tips berikut ini. 

 

1. Gunakan fasilitas e-commerce

Saat ini, sudah banyak bermunculan e-commerce lokal yang menjamin transaksi lebih aman dan memberikan fasilitas yang sayang jika tidak digunakan, seperti bebas biaya kirim, variasi cara pembayaran, dan fasilitas cicilan 0 persen.



 

2. Cari voucher dan promo

Sebelum berbelanja, cobalah menjelajah internet untuk menemukan kode voucher yang bisa memberikan potongan. Anda juga bisa mendapatkannya dengan berlangganan newsletter atau mem-follow media sosial milik online shop atau e-commerce.

 

3. Pastikan kredibilitas tempat Anda berbelanja

Jika Anda ingin belanja online melalui media sosial, cek dahulu kredibilitas akun tersebut melalui follower dan komentar atau testimonium yang diberikan. Cek juga review toko tersebut di internet.

 

4. Bandingkan harga dan promo

Coba bandingkan harga dan potongan barang yang Anda inginkan dari satu toko online ke toko lainnya. Perhitungkan pula biaya kirim, terutama bagi Anda yang tinggal di pulau yang berbeda dengan online shop yang diinginkan, mengingat ongkos kirim akan lebih mahal.

 

5. Tanyakan syarat dan ketentuan

Jika Anda berbelanja barang yang cukup mahal, seperti stroller atau babycook, ada baiknya Anda bertanya tentang aturan jika barang diterima dalam keadaan rusak. Karena tidak seperti di supermarket atau swalayan, Anda tidak dapat mencoba barang yang akan dibeli. (Nadia/DC/Dok. M&B)



Tags: tips,   belanja,   online_shopping