Mother&Baby Indonesia
4 Tips Menghasilkan Foto yang Bagus untuk Instamoms

4 Tips Menghasilkan Foto yang Bagus untuk Instamoms

Akhir-akhir ini, semakin banyak ibu yang beralih menjadi fotografer dan mengabadikan foto anaknya di media sosial. Tidak hanya itu, mereka juga sering mengunggah foto makanan yang dimasak untuk Si Kecil, baik MPASI atau makanan keluarga. Hal itu pun membuat beberapa ibu bahkan bisa menarik puluhan ribu followers di media sosialnya, terutama Instagram.

 

Walaupun banyak foto di media sosial yang diambil menggunakan kamera digital, ternyata handphone juga dapat menghasilkan gambar yang tidak kalah bagusnya lho, Moms! Lagipula, dengan kesibukan Anda mengurus Si Kecil dan rumah, tentu lebih mudah menggunakan handphone daripada kamera digital.



 

“Jika Anda memiliki handphone yang harganya di atas 2 juta rupiah, kameranya pasti sudah bagus. Handphone yang lebih murah sebenarnya juga ada yang memiliki kamera bagus, tetapi tidak semuanya,” jelas Arbain di acara workshop fotografi yang diadakan Frisian Flag. Berikut beberapa tips dari Arbain agar Anda dapat memotret dengan hasil yang bagus dari handphone:

 

1. Bersihkan lensa kamera

Minyak dan kotoran yang menempel di lensa kamera akan memengaruhi kualitas foto Anda. “Bersihkan handphone, terutama lensa kamera depan, karena sering terkena wajah ketika menelpon,” ungkap Arbain.

 

2. Atur cahaya handphone



Secara otomatis, pengaturan cahaya di handphone biasanya sangat terang. Jika saat memotret ada bagian yang gelap, Anda wajib menurunkan kuantitas cahayanya. Caranya, sebelum Anda memotret, tekan layar handphone hingga Anda melihat gambar matahari. Untuk pengguna Android, tekan minus untuk menurunkan cahaya. Untuk pengguna iPhone, gerakkan gambar tersebut ke bawah.

 

3. Jaga jarak antara jari dengan tombol

Menurut Arbain, jika ingin mendapatkan foto yang bagus dari handphone, objek dan kamera tidak boleh bergerak. “Jika jari Anda terlalu jauh dari tombol, handphone akan bergerak saat Anda menekan tombol dan hasilnya kabur,” jelas Arbain.

 

4. Gunakan selotip

Tips ini khusus untuk memotret balita yang banyak bergerak. Anda cukup melingkarkan selotip ke jari Si Kecil. Dengan cara tersebut, ia akan sibuk bermain dengan selotip. “Saat itu, panggil Si Kecil dan segera potret ketika ia menoleh ke arah Anda,” ujar Arbain. (Nadia/DC/Dok. Freedigitalphotos)



Tags: tips,   fotografi,   bayi,   makanan,   kamera,   handphone








Cover Maret 2020