Mother&Baby Indonesia
Artika Sari Devi Ajarkan Anak Cuci Tangan Lewat Dongeng

Artika Sari Devi Ajarkan Anak Cuci Tangan Lewat Dongeng

Menanamkan kebiasaaan mencuci tangan sejak dini penting sekali untuk menjaga kesehatan anak. Artis cantik, Artika Sari Devi, pun sangat menyadari hal tersebut. Dalam acara peluncuran kampanye “Sebelum Berbuka Waktunya Lifebouy”, ia berbagi tips mengenai cara mengajari Si Kecil agar rajin mencuci tangan, seperti berikut ini.


1. Memberi contoh

Pemenang Ajang Putri Indonesia 2004 ini mengatakan, hal terpenting dalam mengajarkan anak mencuci tangan adalah memberinya contoh. Sebelum meminta Si Kecil untuk rajin mencuci tangan, orangtua harus melakukannya terlebih dahulu. Ingat! Orangtua adalah role model bagi anaknya.


2. Mendongeng

“Saya sering menyampaikan bahaya tidak mencuci tangan melalui dongeng sebelum tidur, Dongeng dapat membangkitkan imajinasi, sehingga pesannya lebih mudah ditangkap dan diingat,” ujar Artika. Istri dari Baim ini juga tidak lupa memasukkan anaknya sebagai tokoh dalam cerita, agar ingatan mengenai bahaya tidak mencuci tangan semakin melekat.






Baca juga: Moms, Ini Rekomendasi Dongeng Sebelum Tidur untuk Anak


3. Peralatan Mandi

“Salah satu cara membujuk anak-anak untuk mau mencuci tangan adalah dengan menyediakan botol sabun yang lucu. Dengan botol yang unik, mereka jadi tertarik untuk mencuci tangan. Selain itu, kebersihan kamar mandi juga harus selalu dijaga, agar mereka tidak merasa malas untuk masuk ke kamar mandi,” tutup Artika. (Claudia Carla/DC/Dok. M&B)



Tags: selebriti,   ibu,   anak,   bayi,   balita,   tips