Mother&Baby Indonesia
Biji Klabet Berkhasiat untuk Memperlancar ASI

Biji Klabet Berkhasiat untuk Memperlancar ASI

Daun katuk yang terkenal sebagai peningkat produksi ASI, pasti sudah diketahui oleh Moms. Namun, agar produksi ASI semakin lancar, daun katuk ternyata tidak bisa sendirian. Penelitian yang dilakukan para ahli herbal menemukan bahwa biji klabet (fenugreek) juga bisa membantu meningkatkan hormon oksitosin yang berguna memperlancar aliran ASI.

 

"Perpaduan daun katuk yang merangsang pelepasan hormon prolaktin untuk meningkatkan produksi ASI dan biji klabet yang dapat memperlancar aliran ASI, akan membantu kesuksesan ibu dalam memberikan ASI eksklusif," kata dr. Prapti Utami, M.Si, dokter ahli herbal.



 

Klabet dikenal sebagai bumbu dapur yang biasa dipakai untuk memasak kari. Sejak dahulu, klabet dikenal memiliki banyak manfaat, antara lain untuk mengurangi serangan virus, menghilangkan demam, radang sendi, dan hipertensi.

 

Ekstrak Herbal



Tentu saja, harus ada dosis khusus jika ingin memakai bahan herbal untuk memberi manfaat kesehatan. Dokter Prapti tidak menyarankan bahan herbal dikonsumsi berlebihan atau dengan dosis tidak tentu. "Jika memilih obat-obatan herbal, Moms juga harus memerhatikan produsen pembuatnya. Bahan herbal butuh penanganan khusus, agar manfaatnya maksimal," kata dr Prapti. 

 

Indonesia sebenarnya kaya akan bahan herbal, bahkan menduduki peringkat ke-2 negara di dunia, setelah Brazil, yang memiliki keanekaragaman flora dan fauna. Ada sekitar 35.000 tanaman herbal yang sebagian besar telah dipercaya dan dikenal sebagai obat dengan konsep jamu tradisional. Sementara persentase pemberian ASI eksklusif yang masih minim, perlu mendapat dukungan dari lingkungan, salah satunya dengan tersedianya obat alami untuk memperlancar ASI. 

 

"Target pemberian ASI eksklusif di Indonesia masih jauh dari target yang ditetapkan WHO. Ada banyak faktor penyebab angka rendah itu, salah satunya produksi ASI yang kurang lancar. Untuk wanita yang aktif dan ingin memberikan ASI eksklusif harus ada solusinya, yaitu produk obat herbal yang aman, halal, dan memberi manfaat maksimal," kata Gibran Abidin, Head of Sales and Marketing PT Tunggal Idaman Abadi, produsen Herbatia Sari ASI. (Sandra Ratnasari)



Tags: asi,   tips_menyusui,   menyusui








Cover Maret 2020