Mother&Baby Indonesia
Hati-Hati, Antibiotik Pengaruhi Kekebalan Tubuh Anak!

Hati-Hati, Antibiotik Pengaruhi Kekebalan Tubuh Anak!

Penelitian di 2 negara, Amerika Serikat dan Finlandia, menunjukkan bahwa pemberian antibiotik untuk anak di bawah 2 tahun dapat mengurangi keragaman bakteri yang dipercaya sebagai microbiome sehat. Microbiome merupakan kumpulan mikroba yang akan menjadi bakteri di tubuh manusia, termasuk bakteri usus yang memengaruhi kegemukan, penyakit pencernaan, bahkan gangguan kekebalan tubuh seperti asma dan alergi.

 

Menurut Dr. Martin Blaser, peneliti dari New York University (NYU), microbiome pada anak-anak akan tumbuh sama seperti orang dewasa dan penggunaan antibiotik dapat memperlambat pertumbuhannya. Selain itu, dilansir dari abcnews.com, penggunaan antibiotik juga dapat meningkatkan jumlah gen tertentu dan membuat kuman kebal terhadap antibiotik.



 



Petugas kesehatan di Amerika pun berusaha mengurangi pemberian antibiotik yang tidak perlu kepada anak-anak, mengingat mereka umumnya menerima resep antibiotik pada usia 2 tahun. Sementara itu, Dr. Ramnik Xavier, kepala unit gastrointestinal Mass General di Finlandia, menyarankan agar para dokter tidak meresepkan antiobiotik yang tidak perlu sampai Si Kecil berusia 3 tahun. (Nadia/CD/Dok. Freedigitalphotos)



Tags: kesehatan,   bayi,   balita,   tips,   trik,   antibiotik








Cover Maret 2020